3 Alasan Kemasan Primer Adalah Salah Satu Poin Penting dalam Penjualan

admin 0

Berdasarkan tingkatannya, kemasan yang membungkus suatu produk dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu primer, sekunder dan tersier. Kemasan primer adalah kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk serta berfungsi melindunginya dari kontaminasi. Agar tidak lekas kotor dan rusak, kemasan primer ini akan dilindungi oleh kemasan sekunder. Terakhir, produk yang sudah berkemasan primer dan sekunder itu akan dibungkus lagi dengan kemasan tersier untuk perlindungan maksimal, biasanya untuk tujuan pengiriman.

Kemasan primer adalah salah satu poin penting yang perlu diperhatikan saat Anda merancang suatu produk. Hal ini karena kemasan tersebut merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi tingkat penjualan produk tersebut. Beberapa alasan yang dapat menjelaskan hal itu dapat dijabarkan sebagai berikut:

Alasan Kemasan Primer Adalah Salah Satu Aspek yang Dapat Mempengaruhi Penjualan

Berpengaruh terhadap kualitas produk

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kemasan primer memiliki andil paling besar untuk melindungi produk dari kontaminasi dengan lingkungan sekitarnya. Produk yang terlindungi secara maksimal tentu akan lebih awet dan terjaga pula kualitasnya. Dengan demikian potensi kerugian yang mungkin Anda alami akibat produk rusak dan tidak bisa dijual sebagaimana mestinya bisa lebih diminimalisir.

Dapat menjadi media komunikasi antara Anda dengan calon konsumen sekaligus media promosi

Di antara ketiga jenis kemasan yang ada, umumnya, kemasan primer lah yang akan melekat bersama produk Anda saat dipajang di display. Jika kemasan produk tersebut memiliki desain yang menarik, tentunya akan membuat lebih banyak orang berminat untuk membelinya. Anda juga dapat mencantumkan sejumlah informasi penting terkait produk tersebut pada kemasannya guna meyakinkan calon konsumen agar tidak ragu membelinya.

Berpengaruh terhadap harga pokok penjualan produk

Mengingat kemasan primer melekat pada setiap satuan unit penjualan produk, harga kemasan tersebut tentunya juga akan mempengaruhi harga pokok penjualan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bisa memilih material kemasan primer yang berkualitas sekaligus memiliki harga lebih ekonomis. Dengan begitu, Anda dapat menjaga agar harga jual produk lebih kompetitif.

Meski tampaknya sederhana, kemasan primer adalah salah satu poin penting yang dapat berpengaruh terhadap penjualan produk Anda. Oleh karena itu, Anda perlu lebih memperhatikan desain dan rancangannya dengan lebih seksama.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *