6 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Tanaman pepaya, tanaman dengan banyak manfaat. Anda mungkin menyukai buah pepaya masak yang rasanya manis, atau menyukai sayuran bunga pepaya yang ditumis.

Biasanya kita memang hanya mengkonsumsi buah atau bunga dari pepaya, tetapi sebenarnya daun dari pepaya pun memiliki banyak manfaat  bagi tubuh. Rasa pahit pada daunnya ternyata menyimpan banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan.

Berikut manfaat  kesehatan daun pepaya yang Anda harus tahu:

1.  Sebagai obat jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat pada wajah Anda khusus para wanita yang selalu memperhatikan perawatan kulit, daun pepaya dapat menjadi alternatif untuk mengurangi jerawat Anda.

Caranya ambil 2 atau 3 lembar daun pepaya yang sudah tua. Kemudian keringkan lalu tumbuk sampai halus.  Setelah itu tambahkan sekitar setengah sendok makan air lalu oleskan pada wajah yang berjerawat.

2. Memperlancar Pencernaan

Daun pepaya mengandung senyawa kimia yang disebut karpain. Zat ini dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu pencernaan Anda sehingga membuat Anda sulit untuk buang air.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Ini salah satu manfaat yang paling berguna terutama untuk Anda yang mengalami kesulitan nafsu makan. Ambil daun pepaya yang masih segar yang seukuran dengan telapak tangan Anda. Setelah itu masukkan dalam campuran air hangat dan sedikit air garam lalu rebus. Saring campuran air tersebut, lalu minum dalam keadaan hangat.

4. Demam Berdarah

Mungkin Anda hanya berfikir hanya daun jambu batu yang berguna sebagai pengobatan herbal untuk demam berdarah. Sebenarnya daun pepaya pun dapat digunakan untuk menyembuhkan demam berdarah.

Caranya ambil lima daun daun pepaya. Tambahkan setengah liter air lalu didihkan. Rebus air hingga menjadi 3 / 4 saja lalu siap untuk diminum. Jika demam berdarah tidak juga sembuh, lakukan pemeriksaan ke dokter secepatnya untuk lebih memastikan.

5. Menghilangkan Nyeri Menstruasi

Jaman dulu, para wanita biasanya menggunakan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid atau kunyit. Caranya, ambil 1 lembar daun pepaya lalu tambahkan asam dan garam. Kemudian campur dengan segelas air mendidih. Dinginkan sebelum minum.

6. Anti kanker

Hal ini masih tidak pasti kebenarannya dan masih kurang penelitian yang mendalaminya, tetapi dari beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa manfaat daun pepaya dapat dikembangkan sebagai anti- kanker. Sebenarnya, tidak hanya daun tetapi  batang pepaya juga dapat digunakan karena keduanya memiliki  susu lateks ( getah putih).

Related Posts

Ragam Manfaat Vegeta Herbal yang Ampuh Atasi Sembelit

Ketika tubuh mengalami masalah kesehatan seperti sembelit akan menjadikan penderitanya tidak nyaman, pasalnya akan banyak keluhan yang dirasakan oleh penderitanya. Sembelit sendiri merupakan kondisi dimana tubuh mengalami…

6 Faedah Kelapa Muda Untuk Badan, Hindari Dehidrasi Sampai Sehatkan Kulit

Badan manusia terdiri 60 persen cairan. Karenanya, memenuhi keperluan cairan badan tiap hari sebagai kunci penting untuk memperoleh kesehatan badan yang Fit.  Selain konsumsi air putih atau…

Waspada Penyebab Diare Pada Bayi dan Ketahui Langkah Pertolongan Pertamanya Berikut Ini!

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang seorang bayi. Meskipun sudah biasa sebagai orang tua yang melihat anaknya mengalami masalah tersebut pasti akan merasa khawatir…

Ketahui Penyebab Maag yang Sering Tidak Disadari Ini!

Sebelum itu selamat datang di artikel saya, kamu sehat – sehat saja kan? Semoga iya kali ini saya ingin sedikit memberikan suatu info yang cukup penting untuk…

Dextromethorphan, Indikasi, Dosis dan Efek Samping – SehatQ

Dextromethorphan dipakai untuk menyembuhkan batuk tetapi tidak bisa dipakai untuk menyembuhkan batuk yang disebabkan karena rokok, asma, atau emfisema (kantung udara dalam paru-paru hancur dengan cara bertahap)….

Peneliti Sarankan Suntikan Ketiga Vaksin Sinovac, Ini Alasannya…

Pengguna vaksin Sinovac yang banyak digunakan di Indonesia disarankan menjalani suntikan ketiga. Pelaksana uji klinis vaksin Sinovac di Chile merekomendasikan dosis ketiga itu sebagai upaya pencegahan terpapar…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.