Bisnis Online

Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Apa Itu Content Marketing

Bagi anda yang baru memulai terjun dalam dunia digital marketing, mungkin anda sering mendengar istilah ‘Content Marketing’. Istilah ini bukan hanya sekadar istilah saja loh, Content Marketing konon disebut-sebut sebaganis digital marketing yang sangat jitu dalam menciptakan customer yang setia.

Nah mengingat manfaat Content Marketing sangatlah besar, penting bagi anda untuk mengetahui dan memahaminya lebih dalam lagi. Sebagai referensi, bacalah ulasan lengkap mengenai pengertian Content Marketing di bawah ini!

Pengertian Content Marketing

Pengertian Content Marketing

Content Marketing dapat diartikan sebagai sebuah strategi pemasaran yang didalamnya meliputi pembuatan, perencanaan, dan pendistribusian konten bermanfaat. Fungsinya untuk menarik perhatian audience agar menjadi customer dalam bisnis anda.

Secara singkat Content Marketing merupakan konten yang bertujuan untuk pemasaran sekaligus membangun relasi kuat dengan audience dalam jangka waktu yang lama.

Manfaat Content Marketing

Manfaat Content Marketing

Setelah anda paham mengenai pengertian dari Content Marketing, selanjutnya anda perlu mendalami manfaatnya. Nah berikut merupakan beberapa manfaat atau fungsi dari Content Marketing.

1. Menciptakan brand awareness

Awareness atau kesadaran dari audience merupakan tahap pertama yang harus dimunculkan dalam proses jual-beli. Dengan adanya brand awareness, audience tak hanya mengenal produk anda saja, namun mereka juga jadi memiliki alasan dan kepentingan untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.

Jika sudah begitu audience akan merasakan hubungan yang lebih dekat dengan anda selaku pemilik bisnis.

2. Memperluas skala target konsumen

Content Marketing bisa menjadi pilihan yang lebih jitu dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional yang hanya mengandalkan iklan promosi semata. Cara tradisional tersebut dianggap tidak lagi membuat orang menjadi tergiur dengan bisnis yang anda tawarkan.

Bisnis dengan Content Marketing juga diketahui dapat mengalami peningkatan penjualan yang signifikan daripada bisnis yang tidak menggunakannya. Adapun iklan dalam Content Marketing berbeda dengan yang tradisional.

Baca juga: Ini Dia Cara Daftar Facebook Ads yang Wajib Dilakukan!

Dalam Content Marketing, iklan tak langsung digunakan sebagai media promosi. Melainkan untuk menyebar luaskan konten yang bermanfaat dan bisa memberikan nilai pada calon customer.

Dengan nilai dan manfaat yang anda berikan, customer akan memiliki kepercayaan pada bisnis yang anda tawarkan. Bukan tak mungkin jika mereka akan mempromosikan bisnis anda pada orang-orang terdekatnya.

Dengan Content Marketing, anda tak hanya bisa mendatangkan customer dari iklan saja, namun juga bisa lebih luas. Sebagai contohnya adalah dari social media, search engine, e-mail, dan lain sebagainya. Menarik dan sangat menguntungkan bukan?

5 Strategi Dalam Menjalankan Content Marketing

Strategi Content Marketing

Berikut ini merupakan beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh anda yang ingin membangun Content Marketing.

1. Tetapkan tujuan marketing bisnis anda

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk membangun Content Marketing adalah dengan mengetahui tujuan pembuatannya terlebih dahulu. Jadi coba tanyakan pada diri anda, mengapa perlu membuat Content Marketing.

Dengan mengetahui alasan dan tujuan tersebut, anda selanjutnya bisa mengetahui seperti apa konten yang relate dengan bisnis.

2. Tentukan target audience

Hal penting yang kedua dalam membuat Content Marketing yaitu audience. Agar bisnis anda efektif dan efisien, anda harus menentukan kalangan seperti apa yang menjadi target audience Content Marketing bisnis anda.

3. Cari ide konten yang akan dibuat

Setelah anda mengetahui target audience anda, selanjutnya baru bisa memikirkan ide konten yang relevan untuk kebutuhan Content Marketing bisnis. Isi dari Content Marketing sifatnya bisa bermacam-macam, misalnya seperti content yang bersifat mendidik, menghibur, inspiratif, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mau Coba Bisnis Online? Begini Cara Mencari Supplier Dengan Baik

Jika anda bingung menentukan ide konten yang akan dibuat, maka bisa menggunakan tools pencari ide. Beberapa diantaranya yaitu seperti tools HubSpot Website Grader, What to Write, Feedly, BuzzSumo, Content Forest, Blog Post Headline Analyzer, dan masih banyak lagi.

4. Tentukan bentuk dari konten yang akan dibuat

Bentuk Content Marketing bisa bermacam-macam. Dapat berupa artikel blog, infografik, gambar, audio, foto, video, tulisan status, dan lain sebagainya. Berikut merupakan beberapa penjelasan dari berbagai bentuk Content Marketing yang bisa anda buat.

  • Video

Video merupakan jenis konten yang diminati oleh banyak orang. Selain mudah dipahami, video juga sangat menarik untuk dinikmati, baik secara visual maupun audio.

  • Infografik

Untuk mempermudah audience dalam membaca data atau menerima suatu informasi, anda bisa membuat konten yang dikemas dalam bentuk infografik. Jenis konten ini berisi gambar dan tulisan yang membuat tampilannya terlihat menarik dan sangat mudah dipahami karena bersifat to-the-point.

  • Artikel blog

Untuk anda yang terbiasa membuat tulisan, maka bisa menciptakan Content Marketing berupa artikel blog. Dalam pembuatan artikel tersebut, anda harus memerhatikan SEO sebab hal tersebut sangat berpengaruh dalam menaikkan traffic situs anda loh!

Dari banyaknya bentuk konten yang ada, pilihlah bentuk atau jenis konten yang paling relevan dengan bisnis.

Baca juga: Yuk Pahami Cara Google AdSense Membayar Kita!

5. Audit, atur, dan kelola konten yang telah dibuat

Setelah anda membuat banyak konten, hal yang harus anda lakukan yaitu mengaudit atau mengevaluasi konten-konten tersebut. Periksalah apakah berbagai konten tersebut dapat membantu conversion rate dan menaikkan traffic situs anda. Jika belum, anda bisa mencari tahu konten yang seperti apa yang akan berhasil.

Setelah melakukan evaluasi, selanjutnya atur dan kelola jadwal posting konten anda. Agar lebih mudah, bisa menggunakan kalender editorial yang berisi informasi mengenai rencana pembuatan, pempromosian dan lain sebagainya.

Sekian informasi mengenai Content Marketing, dari mulai pengertian, manfaat, dan strategi dalam pembuatannya. Walaupun terkesan banyak yang harus anda lakukan, namun Content Marketing merupakan salah satu cara pemasaran yang ampuh, jitu dan berdampak jangka panjang.

Nah tunggu apalagi? Segera bangun Content Marketing bisnis anda supaya dibanjiri customer!

Show More

Rabila

"hidup tidak harus pergi mengikuti ke mana jalan akan berujung. Buat dan nikmatilah jalanmu sendiri lalu tinggalkanlah jejak"

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close