Tutorial

Agar Tidak Tertipu, Begini Cara Cek Keaslian Iphone

Setelah diluncurkan oleh Steve Jobs pada tahun 2007, Iphone menjadi salah satu inovasi besar teknologi dunia. Memperkenalkan dirinya sebagai ponsel pintar, Iphone berhasil menarik perhatian banyak orang. Menggunakan teknologi canggih touch screen yang menggantikan keypad, Iphone menjadi salah satu merk ternama dunia. Dalam perjalanannya inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh Iphone membuat ponsel ini menjadi premium. Harga yang ditawarkan oleh Iphone cukup menguras kantong, tetapi fitur dan berbagai kelebihan yang ditawarkan sangat menjanjikan sesuai dengan harga yang harus kita keluarkan.

Banyak Iphone Palsu Beredar, Ini Cara Cek Keaslian Iphone

Harga Iphone yang cenderung mahal, dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu yang berusaha mendapatkan keuntungan dari situasi ini. Oknum-oknum tersebut membuat replika atau imitasi dari Iphone dan dijual dengan harga yang sangat rendah. Banyak orang-orang yang tertipu dengan ulah si oknum ini. Maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara cek keaslian Iphone yang kalian beli.

Cara Cek Keaslian Iphone
Source via: Pinterest.com

1. Penampilan

Cara cek keaslian Iphone yang pertama yaitu dilihat dari segi penampilan. Karena Iphone dirancang untuk pasar konsumen menengah ke atas yang tentu saja harganya mahal, pastinya desain material yang dipakai juga premium. Jadi ketika membeli Iphone pastikan packaging-nya, apakah sama dengan packaging resmi. Perhatikan juga kualitas build-nya, apakah terlihat murahan seperti plastik?

2. Fitur dan Spesifikasi

Selain penampilan, perhatikan juga fitur dan spesifikasinya. Paling mudah dimulai dengan memeriksa tombol home button. Pada Iphone asli, jika menekan home button selama beberapa saat akan mengaktifkan SIRI, layanan voice assistant yang diluncurkan pada 2011. Jika SIRI belum diaktivasi maka yang akan muncul yaitu voice control. Pada Iphone palsu SIRI tidak akan muncul. Periksa juga fitur-fitur yang lain seperti display, fingerprint scanner dan lain-lain.

3. IOS

IOS Iphone
Source via: tekno.kompas.com

Sistem operasi pada Iphone sudah pasti menggunakan IOS, sedangkan Iphone palsu biasanya menggunakan sistem operasi android yang sudah dikustomisasi. Cek iphone yang akan kita beli, apakah menggunakan sistem operasi IOS atau bukan yaitu dengan membandingkan ikon-ikon aplikasi yang ada pada home screen, apakah sama dengan ikon pada IOS. Jangan lupa cek Apps store, Iphone asli pasti menggunakan apps store sedangkan Iphone palsu yang menggunakan android pasti diarahkan ke playstore. Kalian bisa juga cek Apple Music, pada Iphone palsu jika kalian klik Apple Music biasanya yang terbuka adalah Spotify.

4. ITunes

Pada tahun 2001, ITunes diluncurkan sebagai music player. Seiring berjalannya waktu, fungsi ITunes semakin berkembang dari music player menjadi file management. Kemudian Apple meluncurkan ITunes Store yang berfungsi sebagai online store. ITunes saat ini menjadi hub utama bagi pengguna Iphone untuk melakukan transfer data, back up, update OS, factory reset, pembelian konten musik, film, apps dan lain-lain. Setiap gadget Apple sudah dirancang untuk mengenali ITunes. Dengan menyambungkan IPhone yang kalian miliki ke ITunes adalah cara cek keaslian IPhone yang paling pasti untuk mengetahui apakah Iphone yang kalian miliki asli atau palsu. Jika ITunes tidak mengenali Iphone yang kalian gunakan, maka dapat dipastikan kalian telah membeli IPhone palsu.

Demikian bagaimana cara cek keaslian Iphone. Bagi kalian pengguna Iphone segeralah lakukan keempat hal di atas untuk mengetahui apakah Iphone yang kalian beli asli atau palsu. Empat hal di atas juga bisa menjadi pedoman bagi kalian yang ingin atau berencana membeli Iphone. Hati-hati dan pastikan kalian membeli Iphone yang asli ya!

Show More

Ridwan Albar

“Be the good, because God loves the goodness.”

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close