Tutorial

Ini Dia Cara Daftar Facebook Ads yang Wajib Dilakukan!

Facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Indonesia sendiri menjadi penyumbang pengguna terbanyak keempat di dunia, sementara jika kita mengambil perbandingan dengan media sosial lain berdasarkan data dari StatCounter, Facebook bertengger di urutan pertama yang paling banyak digunakan di Indonesia dan disusul oleh Twitter serta Youtube.

Dengan begitu, tanpa disadari Facebook merupakan media advertising terbesar pertama di Indonesia. Platform ini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mempromosikan barang atau jasa. Pada ulasan berikut kami akan memberi alasan mengapa Facebook menjadi Worth it dijadikan sebagai lahan periklanan beserta cara daftar Facebook Ads.

Alasan Facebook Worth It Sebagai Media Periklanan

  • Biaya Pemasangan Iklan yang Relatif Murah

Jika kita analisa dan bandingkan dengan menggunakan skala jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk mencapai 1000 orang pengunjung iklan antara Facebook dan media periklanan lain, seperti koran, majalah, dan radio, maka kita dapat menyimpulkan bahwa Facebook Ads adalah yang paling murah di antara itu semua.

Ditambah lagi iklan yang dihitung dan dimasukkan ke dalam penagihan iklan adalah yang diklik saja, dengan kata lain jika iklan tersebut hanya lewat tanpa diklik maka Anda tidak perlu membayar untuk itu.

  • Lebih dari 136 Juta Pengguna di Indonesia

Facebook tercatat memiliki hampir 2,5 Miliar pengguna di tahun 2019, yang di dalamnya mencakup warga Indonesia dengan 136 Juta pengguna berdasarkan data dari NapoleonCat.

Oleh karenanya, tidak perlu khawatir bahwa produk yang Anda iklankan tidak dilihat oleh banyak orang, sebaliknya, Facebook Ads akan memberikan beberapa keuntungan: Meningkatnya popularitas brand atau merk yang Anda miliki, dan tentu dengan semakin dikenalnya produk Anda di pasaran, maka akan semakin banyak pula orderan yang didapat.

  • Dengan Sekali Klik, Boom! Iklan Anda akan Tersebar Luas

Dahulu, informasi yang disampaikan oleh media hanya bisa dijangkau oleh orang-orang tertentu saja, hal ini disebabkan karena media saat itu masih sangat terbatas, belum ada media elektronik yang kita kenal seperti sekarang.

Di era new media, semua orang bisa mendapatkan informasi dengan mudah dari berbagai macam sumber, seperti lewat koran, brosur, radio, televisi, hingga melalui internet atau media sosial sekalipun.

Jika biasanya brosur dan koran harus disebarkan dari pintu ke pintu, maka untuk Facebook Ads yang perlu dilakukan hanyalah mengklik tombol share sekali dan iklan produk di website Anda akan tersebar luas, juga seperti yang dijelaskan pada poin pertama bahwa biaya pemasangan iklan untuk Facebook Ads lebih murah daripada televisi dan radio.

Ditambah lagi, secara bersamaan keuntungan yang didapatkan akan berlipat ganda, sebab ada profit yang didapatkan dari adsense website. Sangat menguntungkan, bukan?

  • Proses Pemasangan Iklan yang Simple 

Daftar Facebook Ads

Semua orang tentu menginginkan proses yang simple dalam segala urusannya, apalagi dalam hal pekerjaan atau mata pencarian, yang kemudian dilihat oleh Mark Zuckerberg sebagai sebuah peluang dalam platform raksasanya.

Asalkan memiliki e-mail yang kemudian diperlukan untuk membuat akun Facebook, maka siapapun dapat memasang iklan produknya di Facebook Ads.

Selain itu, Facebook juga menyertakan penjelasan singkat mengenai cara daftar Facebook Adsmelalui menu help, sehingga semakin memudahkan para pengguna untuk melakukan pemasangan iklan

Cara Daftar Facebook Ads (Lengkap)

  • Langkah 1 : Tentukan Target dari Iklan Anda Terlebih Dahulu

cara daftar Facebook Ads 1

Perencanaan Yaps! Itu adalah hal yang pertama yang sebaiknya Anda lakukan sebelum mendaftar sebagai pengguna layanan periklanan Facebook.

Mengapa hal tersebut masuk ke dalam cara daftar Facebook Ads? Tentu saja karena perencanaan adalah awal dari segala keberhasilan, tanpa perencanaan maka Anda tidak memiliki target atau tujuan.

John C. Maxwell, seorang penulis buku terlaris dalam bidang kepemimpinan mengatakan “Mereka yang tidak memiliki tujuan adalah orang-orang yang tidak mempunyai masa depan.” Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk melakukan perencanaan dengan matang, misalnya mengenai seberapa banyak audience yang ingin diraih melalui jejaring Facebook, dan tentukan target yang ingin dicapai.

Dengan begitu, Anda bisa mengambil langkah-langkah berikut yang lebih terstruktur sehingga semakin besar pula peluang keberhasilan yang dimiliki.

  • Langkah 2 : Masuk ke Ruang Pengelolaan Facebook Ads

cara daftar Facebook Ads 2

Scroll hingga menuju bagian paling bawah beranda atau bisa juga diakses melalui menu yang ada di bagian paling kanan (berbentuk segitiga ke bawah). Di sana akan terlihat opsi ‘Beriklan di Facebook‘, klik dan Anda akan dituntun menuju Facebook Ads Manager atau ruang pengelolaan iklan Facebook.

  • Langkah 3 : Pilih Tujuan Marketing

cara daftar Facebook Ads 3

Pada step berikut ini, Anda diminta untuk memilih tujuan periklanan yang sekaligus akan dijadikan sebagai target di masa depan. Bagian ini juga dikenal dengan sebutan ‘kampanye‘, yang di dalamnya dibagi menjadi tiga bagian besar; kesadaran, pertimbangan, dan konversi. Pada masing-masing bagian tersebut terdapat beberapa cabang lagi yang kemudian harus diisi untuk menjelaskan tujuan Anda secara lebih detail.

Jangan sekali-kali asal dalam mengisi penjelasan goals, karena nantinya akan berpengaruh terhadap iklan yang akan disebar kepada pengguna Facebook berdasarkan behavior tiap individu.

  • Langkah 4 : Menyiapkan Akun dan Set Iklan

cara daftar Facebook Ads 4

Di channel akun iklan, Anda diminta untuk menentukan negara akun, mata uang, dan zona waktu, sedangkan pada bagian set iklan Anda akan menentukan siapa saja nanti yang akan menjadi audience atau konsumen saat iklan telah disebarkan.

Yang menarik untuk diketahui, sistem yang dimiliki oleh Facebook memungkinkan iklan produk Anda sampai kepada orang yang tertarik terhadap konten di dalam iklan tersebut, semua itu dapat diketahui dari kebiasaan konsumen ketika sedang berselancar di dunia maya.

Oleh karena itu, pada bagian ‘set iklan‘ sangat dianjurkan untuk mengisi target audience secara sungguh-sungguh. Bagian ini kurang lebih terdiri dari; lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, ketertarikan, dan kebiasaan.

  • Langkah 5 : Mengatur Biaya Periklanan

cara daftar Facebook Ads 5

Sistem yang ditawarkan oleh Facebook semakin terpercaya dengan adanya pengaturan budget secara transparan dan diatur oleh pemegang akun sendiri. Pada bagian ini Anda bisa memilih antara anggaran harian (daily budget) dan anggaran sepanjang masa promosi (lifetime budget).

Sesuai dengan namanya, daily budget berarti jumlah biaya yang dibayar setiap harinya untuk biaya periklanan, sedangkan lifetime budget adalah anggaran yang dibayar cukup sekali saja hingga masa periklanannya habis.

  • Langkah 6 : Mengatur Post dan Penempatan Iklan

cara daftar Facebook Ads 6

Desain iklan yang disebarkan melalui Facebook Ads bukanlah hasil otomatis yang dibuat oleh komputer. Facebook memberi kebebasan kepada penggunanya untuk bisa mengatur post dan penempatan posisi iklannya, baik itu untuk laptop maupun handphone.

Buatlah post yang tidak bertele-tele dan dengan judul yang menarik, sehingga semakin banyak konsumen yang mendatangi website Anda.

  • Langkah 7 : Iklan Siap Disebarluaskan!

cara daftar Facebook Ads 7

Apabila semua telah selesai dilakukan, maka langkah terakhir adalah membagikan iklan yang telah Anda buat. Tekan submit dan iklan produk Anda pun telah disebarluaskan.

Teruslah teliti dalam memasang iklan, khususnya dalam jangka waktu yang telah ditentukan Facebook ketika membahas tentang anggaran harian dan anggaran sepanjang masa promosi.

Nah, itulah tadi beberapa alasan yang menjadikan Facebook worth it sebagai media periklanan, dilengkapi dengan cara daftar Facebook Ads, langkah demi langkah beserta penjelasan rinci pada tiap subjudulnya.

Show More

izzulislam

"Purpose before propose"

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close