Tutorial

Yuk Pahami Cara Google AdSense Membayar Kita!

Zaman sekarang siapa yang tidak tahu tentang Google Adsense? Fakta menunjukan bahwa hampir 2 juta orang pemilik situs web telah menggunakan salah satu layanan gratis dari Google ini. Mereka telah berhasil membuktikan bahwa Google AdSense bisa mendatangkan uang dengan mudah.

Nah bagi anda yang belum familiar, dapat dijelaskan bahwa Google AdSense adalah suatu jasa penempatan iklan dari pengiklan, baik dalam bentuk teks, gambar, multimedia, ataupun jenis lainnya yang dilakukan oleh Google pada situs anda selaku penayang.

Pengiklan yang hendak mempromosikan jasa atau produk tersebutlah yang selanjutnya akan membayar sejumlah uang atas iklan yang telah tayang di situs anda.

Nah apakah anda tertarik menggunakan AdSense namun masih bingung dan penasaran bagaimana AdSense itu bisa memberikan uang pada situs anda? Jika iya, bacalah ulasan serbulagi.com mengenai cara Google Adsense membayar kita berikut ini!

Cara Kerja AdSense Pada Situs Web

Bagaimana cara Google AdSense membayar kita

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara Google Adsense membayar kita, terlebih dahulu kita harus memahami bagaimana cara kerja AdSense itu sendiri. Nah cara kerja AdSense yaitu mencocokan iklan dengan konten dan kriteria pengunjung web kita.

Selain melihat dari konten dan kriteria pengunjung, dalam menampilkan iklannya Google AdSense juga menggunakan parameter pencarian kata kunci dari hasil browsing. Hal ini menjadikan kita tidak bisa sepenuhnya memilih kategori iklan yang akan muncul di situs web kita.

Walaupun begitu kita masih bisa mengatur ukuran dan jenis bentuk iklan yang ingin ditampilkan. Selain itu kita juga bisa memblokir iklan yang tidak patut untuk dimunculkan, misalnya seperti iklan judi, pornografi, dan lain sebagainya.

Inilah Cara Google Adsense Membayar Kita

Iklan yang anda tampilkan di situs kita akan dibayar oleh sang pengiklan. Besar jumlah bayaran yang akan diterima tergantung pada harga yang ditawarkan oleh sang pengiklan. Nah adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan demi mendapatkan bayaran dari pengiklan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Buat atau sediakanlah ruang iklan pada situs kita dengan cara menempelkan kode iklan di situs tersebut.
  2. Selanjutnya tunggulah pengiklan melakukan bid atau bidding, yakni mengajukan penawaran harga saat lelang yang diadakan oleh AdSense. Nah bagi pengiklan yang berhasil menawar dengan harga paling tinggi, maka iklannya-lah yang berhak muncul di situs web kita.
  3. Setelah iklan berhasil ditayangkan, pihak AdSense akan memproses seluruh penagihan pada pengiklan tersebut dan memberikan hasil pembayaranya pada anda.

Setidaknya ada 4 sistem pembayaran yang dilakukan oleh pengiklan. Diantaranya yaitu CPC, CTR, CPM, dan RPM. Adapun penjelasan mengenai keempat sistem tersebut bisa dilihat di bagian bawah ini.

  1. CPC (Cost per Clik)

Biaya per Klik atau yang dikenal dengan CPC (Cost per Click) merupakan sistem pembayaran iklan dengan perhitungan biaya berdasarkan jumlah per klik iklan yang dilakukan pengunjung secara natural pada situs anda, contohnya pengiklan akan membayar anda Rp.50/klik iklan.

Sebenarnya anda tidak bisa mengetahui besarnya penawaran yang ditawarkan oleh pengiklan dan hanya diketahui oleh pihak Google AdSense

  1. CPM (Cost per Mile)

Selanjutnya, CPM atau cost per mile merupakan sistem pembayaran iklan dalam hitungan per seribu kali tayang.

  1. CTR (Click Through Rate)

CTR atau click throught rate merupakan sistem pembayaran iklan dengan perhitungan jumlah klik iklan dibagi dengan keseluruhan jumlah tayangnya. Penghasilan dari sistem ini akan lebih kecil daripada penghasilan dari sistem CPC

  1. RPM (Revenue per Thoushand Impression)

Terakhir RPM atau Revenue per Thousand Impression merupakan biaya yang dibayarkan untuk setiap 1000 kali impresi. RPM dibedakan lagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • RMP Kueri, rumusnya yaitu hasil dari penghasilan tertaksir dibagi dengan jumlah kueri dan dikalikan seribu
  • RPM Halaman, memiliki rumus pembagian antara penghasil tertaksir dengan jumlah tampilan halaman lalu dikali seribu
  • RPM Permintaan Iklan, yakni perhitungan berdasarkan hasil dari pembagian antara penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan dan dikali seribu

Perbedaan keempat sistem perhitungan pembayaran iklan di atas, akan membuat jumlah pendapatan harian anda berbeda-beda. Namun perlu anda ketahui bahwa apapun sistem yang digunakan Google AdSense akan mengkalkulasinya dalam waktu per bulan.

Keseluruhan pendapatan yang anda terima dapat dicairkan melalui sistem pembayaran seperti Western Union Quick Cash, Rapida, bank transfer, cek, SEPA, Wire Transfer, Electronic Fund Transfer (EFT),  dan lain sebagainya.

Metode pencairan tersebut akan tergantung dengan jenis akun AdSense apa yang kita gunakan, misalnya jika menggunakankan akun AdSense US, metode pencairan yang digunakan yaitu Wester Union atau EFT.

Sedangkan bila menggunakan akun AdSense IDR, maka bisa memilih menggunakan rekening kawat. Soal jumlah pencairan, setidaknya kita harus memiliki saldo balance $100.

Tips Memonetisasi Situs Web Dengan Google AdSense

Memonetisasi Situs Web Dengan Google AdSense

Setelah anda mengetahui tentang bagaimana cara Google AdSense membayar kita, kini tiba waktu yang tepat bagi anda untuk memonetisasi blog melalui iklan kontekstual Google AdSense. Agar lancar bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  1. Tingkatkan trafik situs web Kita

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa sistem pembayaran iklan dapat berbeda-beda. Bisa dihitung berdasarkan impresi, jumlah klik, dan lain sebagainya. Bagaimana pun cara menghitungnya, untuk mendapatkan penghasilan yang besar anda perlu meningkatkan trafik situs web anda.

Caranya bisa dengan memilih topik niche web yang menarik, spesifik, dan bermanfaat. Selain itu juga harus membuat konten yang unik. Berusaha untuk selalu update setiap hari, dan promosikan situs web anda. Dengan demikian pengunjung situs web akan meningkat dan trafik pun semakin bagus.

  1. Janganlah memasang iklan secara berlebihan

Kita semua tahu bahwa semakin banyak iklan berada pada suatu situs, maka akan semakin banyak juga peluang untuk mendapatkan uang.

Walaupun begitu, penting bagi kita untuk tidak memasang iklan terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan anda harus tetap mempertahankan kenyamanan para pengunjung situs web anda, jangan sampai penglihatannya terganggu oleh iklan saat membaca konten postingan kita.

  1. Hindari menyalahi peraturan Google AdSense

Perlu diketahui bahwa Google AdSense memiliki peraturan sendiri yang sebisa mungkin harus dipatuhi, salah satunya yaitu anda akan kena penalti apabila diketahu meng-klik iklan yang tampil atau menyuruh orang lain untuk meng-klik-nya.

Itulah cara Google AdSense membayar kita dan juga ulasan terkait lainnya yang bisa kami sampaikan. Setelah membaca keseluruhan informasi di atas, kira-kira apa pendapat anda? Sekarang anda jadi paham bukan mengenai sistem Google AdSense?

Nah jika anda tertarik, segeralah daftar dan penuhi seluruh persaratannya dan jangan lupa ikuti tips memonetisasi situs web yang telah kami berikan di atas. Jangan takut dan ragu, sebab prosedur Google AdSense ini sangat mudah untuk diikuti.

Selain itu tidak pungut biaya alias gratis! Tunggu apalagi? Daftar sekarang juga dan dapatkan sebanyak-banyaknya penghasilan tambahan dari Google AdSense! Selamat mencoba dan bersiaplah menjadi auto kaya!

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close