Tutorial

Cara Membuat Kop Surat Resmi di Word Dengan Mudah

Kepala surat atau sering disebut kop surat yang merupakan bagian penting dari sebuah surat resmi. Fungsi dari kop surat tersebut sebagai identitas perusahaan, yang memudahkan siapapun untuk mengetahui dari mana surat tersebut. Cara membuat kop surat resmi di word sangatlah gampang, hanya mengandalkan berbagai fitur di dalamnya. Kamu mau tahu caranya? Berikut informasinya.

Kop surat yang baik biasanya berisikan beberapa informasi penting instansi terkait seperti logo, nama, alamat, nomor telepon dan alamat email dari perusahaan. Jika memiliki mesin faksimile juga dapat mencantumkan berbagai hal yang sudah disebutkan tadi.

Cara Pembuatan Kop Surat Resmi di Microsoft Word

Cara Pembuatan Kop Surat Resmi di Microsoft Word

Ada beberapa langkah untuk menghasilkan kop surat yang sempurna, baik dari segi informasi, tata letak dan estetika bahasa. Berikut ini penjelasannya hanya untuk Anda.

  • Buka halaman kerja baru pada Microsoft word kamu, kemudian cari menu view lalu pilih print layout. Ini dilakukan untuk memudahkan kerjamu untuk membuat kop surat resmi di word.
  • Atur margin dari halaman sesuai dengan jenis kertas yang akan dipakai untuk membuat kop surat. Untuk jenis legal biasanya kiri berukuran 3 cm, kanan 2,5 cm, atas 2,5 cm dan kawah 2,5 cm.
  • Arahkan kursor pada bagian halaman tempat pembuatan kop surat, klik kiri sebanyak dua kali untuk mengaktifkan fitur header. Jangan lupa untuk mencentang different first page yang fungsinya adalah memastikan kop surat yang dibuat hanya berada di halaman pertama saja.
  • Ketik informasi yang ingin dimasukkan ke dalam kop surat, mulai dari nama perusahaan atau instansi terkait, alamat, nomor telepon dan informasi lainnya. Pastikan menggunakan pengaturan align center agar tulisan berada di tengah halaman bagian atas.
  • Masukkan logo perusahaan, caranya dengan memilih menu insert pada bagian kiri atas halaman. Kemudian pilih picture dan ambil foto logo yang kamu simpan di dalam microsoft explorer.
  • Atur logo sesuai kebutuhan dengan menggunakan fitur text wrapping dengan pilihan in front of text. Cara membuat kop surat resmi di word pada tahap ini, untuk mempermudah kamu memperbesar atau memperkecil ukuran logo pada kop surat.
  • Untuk membuat garis pembatas di bawah kop surat, kamu bisa menekan tombol enter sebanyak satu kali lalu ambil menu home dan klik pada pilihan borders and shading.
  • Dalam border and shading kamu bisa menentukan jenis garis pembatas yang diinginkan dengan memilih menu custom. Jika sudah selesai mengatur bentuk dan ukuran garis klik ok.
  • Lakukan pengecekan terakhir dari yang sudah kamu lakukan. Jika sudah tepat, maka kamu bisa menekan ikon CTRL + S untuk menyimpan kop surat tersebut.

Baca juga: Inilah Cara Mengetik 10 Jari untuk Pemula

Cara Membuat Kop Surat Resmi dengan Template Microsoft Word

Cara Membuat Kop Surat Resmi dengan Template Microsoft Word

Jika kamu ingin hasil kop surat yang lebih menawan dengan tambahan corak dan warna lebih memukau, bisa menggunakan template yang tersedia di dalam Microsoft word. Caranya dengan memilih menu new lalu pilih letter. Maka kamu akan diberikan banyak pilihan template yang bisa digunakan sebagai desain kop surat.

Jangan lupa untuk menekan tombol create setelah kamu menemukan jenis template yang cocok. Kemudian mulailah mengedit template sesuai informasi perusahaan atau instansi yang ingin kamu masukkan. Terakhir klik ok dan lihat hasil kop surat yang sudah kamu buat. Jika sesuai tinggal menyimpannya dengan prosedur sama dengan cara membuat kop surat resmi di word sebelumnya.

Baca juga: Cara untuk Mengganti Wallpaper Komputer Mac OS!

Nah sekarang kamu jadi paham cara untuk membuat sebuah kop surat resmi dengan cepat. Tinggal mencobanya sekarang juga sesuai langkah yang sudah dijelaskan. Lalu lihat hasilnya dan pasti sangat sempurna.

Show More

boedraky

be yourself and never give up!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close