Cara Menanam Backlink Berkualitas Untuk Website Ataupun Blog

Backlink merupakan bagian penting dalam sebuah website demi meningkatkan traffic dan terdeteksi Google dengan cepat. Menanam backlink sendiri bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan tanpa strategi dan pertimbangan apapun, sehingga sebagian besar orang meminta bantuan pada jasa backlink berkualitas. Namun, bagi anda yang memiliki banyak waktu luang, alangkah baiknya jika belajar mandiri mengenai cara menanam backlink berkualitas untuk menghemat biaya dan menambah wawasan.

Cara Menanam Backlink Berkualitas

Ada banyak cara yang bisa  dilakukan untuk menanam backlink pada website, namun, tidak semuanya aman digunakan. Ada beberapa cara yang justru membuat website yang anda kelola berpotensi terkena penalty dari google, oleh sebab itu, gunakanlah teknik yang aman seperti berikut ini

1. Membuat Content Berkualitas

Content Berkualitas

Sebelum menanam backlink, langkah awal yang harus dilakukan tentu membuat content dalam website yang anda kelola. Agar backlink yang ditanam nantinya berkualitas dan mendapat tempat yang tepat, maka content yang diisi harus informatif, bermanfaat, dan dicari banyak orang. Pilihlah topik yang berpotensi menjadi viral baik berupa gambar ataupun video, sehingga situs lain yang akan ditanamkan bersedia menerima backlink dari anda.

2. Menyeleksi Situs yang Berkualitas dan Berumur

cara membangun backlink

Menanam backlink tidak boleh sekadar meletakkannya sebanyak mungkin di semua jenis situs, karena hal ini justru berpotensi menurunkan kualitas artikel anda. Jika situs yang ditanami backlink memiliki kualitas buruk dan viewer yang sedikit, maka yang anda lakukan tidak akan memberi keuntungan apapun. Oleh sebab itu, perhatikan kualitas situs terkait isi content, viewer, serta lamanya berdiri sebagai bentuk penunjang traffic pada website tersebut.

3. Mendapat Izin dari Website yang Ditanami Backlink

Cara Menanam Backlink

Ada beberapa cara ilegal yang seringkali dilakukan seseorang untuk menanam backlink demi kepentingan pribadi, seperti hasil dari spam, ataupun submit otomatis. Walaupun mudah, namun hindari penanaman backlink dengan cara tersebut karena akan menurunkan kualitas halaman yang anda kelola. Usahakan untuk mendapatkan izin dari pemilik situs, baik melalui forum tertentu, guest blogging, brand mention, ataupun sebagai pengganti link seseorang yang sudah mati, sehingga pengelola situs menerima backlink anda dengan suka rela.

4. Peletakan Anchor Text yang Tepat

anchor text

Untuk menjaga kualitas backlink, maka hindari menulis langsung link, tanpa mengubahnya menjadi anchor text, serta menata peletakannya agar lebih menarik dan natural. Posisi anchor text yang tepat adalah terdapat kesesuaian antara tulisan sebelum dan sesudahnya. Gunakanlah keywords yang banyak dicari orang, sehingga berpotensi dibuka oleh pengunjung situs yang anda tanami backlink.

5. Menggunakan Jasa Backlink

jasa backlink

Jika anda tidak memiliki media yang cukup untuk mencari situs yang berkualitas dan bersedia ditanami backlink, maka langkah terakhir adalah dengan menggunakan jasa backlink. Namun, pastikan jasa yang anda pilih sudah terbukti kualitasnya melalui review positif dari pelanggan, ataupun bukti real website yang sudah dikelola.

Jika anda tidak berpengalaman dalam memilah-milah jasa yang baik, sebaiknya tidak menggunakannya, karena bisa saja website anda mendapat resiko penalty  dan jasa yang digunakan tidak bertanggung jawab, sehingga sangat merugikan anda.

Selain cara di atas, masih banyak teknik lainnya yang bisa ditempuh untuk menanam backlink berkualitas. Namun, yang harus anda ingat, modal dari sebuah backlink yang baik dan meningkatkan traffic adalah dari kualitas konten yang anda tuangkan. Dengan demikian, cara menanam backlink berkualitas bisa dilakukan secara natural, karena situs yang ditanami menerima dengan suka rela dan mengakui kualitas konten anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *