Properti

Cara Menata Taman Depan Rumah Dengan Lahan Terbatas

Buat Anda yang suka bercocok tanam, memiliki taman di depan rumah mungkin jadi keharusan. Bukan saja untuk memperindah rumah, namun juga untuk menyalurkan hobi.

Untuk menatanya memang butuh passion yang tinggi, karena cara menata taman depan rumah akan menentukan karakter dari rumah itu sendiri, baik untuk rumah dengan lahan yang luas maupun terbatas.

Untuk rumah dengan lahan luas, penataan lebih mudah karena Anda bisa menempatkan banyak jenis tanaman yang diinginkan, tapi untuk lahan terbatas butuh konsentrasi lebih tinggi dan cara yang lebih maksimal agar taman kecil tetap terlihat asri, enak dipandang dan memberikan berbagai hal positif untuk sekitarnya.

Cara Menata Taman Depan Rumah Dengan Lahan Terbatas

Siapa bilang lahan sempit tak bisa dimanfaatkan untuk jadi taman yang indah di depan rumah. Dengan menggunakan cara menata taman depan rumah dengan lahan terbatas, Anda bisa menciptakan taman yang indah dan berkelas. Bagaimana caranya? Berikut informasinya.

1. Pastikan Ukuran Lahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan berapa ukuran taman yang bisa dimanfaatkan, sehingga dapat ditentukan area mana untuk tanaman apa, dan bagaimana memolesnya menjadi tak kalah indah dari taman di lahan yang luas. Bukan hanya panjang dan lebarnya saja,tetapi juga tinggi dan ukuran bagian lain yang bisa dimanfaatkan.

2. Pastikan Cahaya Matahari

Pada lahan terbatas bisa saja cahaya matahari yang masuk sangat terbatas, Anda harus memastikan sejauh mana lokasi tersebut akan terpapar matahari sepanjang hari. Ini akan sangat berkaitan dengan cara menata taman depan rumah dengan lahan terbatas terutama saat memilih tanaman yang tepat.

3. Pilih Konsep Taman

Untuk taman dengan lahan terbatas memang tak bisa sebebas taman di lahan besar, tapi tenang, ada beberapa konsep yang bisa dipakai, diantaranya adalah konsep taman vertikal yaitu memanfaatkan dinding bagian depan rumah untuk memajang tanaman kesayangan Anda. Ada juga konsep container garden yang hanya butuh tanaman dalam pot yang disusun secara rapi.

Lalu juga ada konsep pot bebatuan, dimana Anda bisa membuat pot besar dengan menggunakan tumpukan batu, di dalam pot tersebut bisa ditanam beberapa jenis bunga atau tanaman lain sehingga akan terlihat rimbun dan asri.

4. Pilih Jenis Tanaman

Kalau sudah jelas ukuran taman, seberapa besar cahaya matahari dan konsep taman yang akan dipakai, sekarang saatnya menentukan jenis tanaman yang akan menghuni taman mungil Anda.

Cara menata taman depan rumah dengan lahan terbatas akan jadi lebih mudah jika jenis tanamannya sudah jelas dan sesuai dengan keadaan tanam tersebut. Tinggal merawatnya sesuai dengan kebutuhan.

menata taman depan rumah

Penataan Taman Depan Rumah Dengan Dekorasi Terbaik

Kalau Anda sudah melakukan langkah untuk membuat taman di lahan terbatas di atas, sekarang saatnya untuk menyempurnakannya dengan dekorasi yang ciamik. Jika masih ada ruang yang tersisa, Anda bisa menambahkan aksesoris pemanis agar taman terlihat maksimal.

1. Kolam Kecil

Jika Anda memakai konsep taman vertikal tentu ada ruang tersisa, karena tanaman di gantung di dinding atau tiang penyangga secara apik.

Baca juga: Harga Tanah Jakarta Selatan Terbaik Untuk Investasi

Daripada dibiarkan kosong Anda bisa menambahkan kolam buatan kecil dari baskom yang dicat ulang dan di bagian tengahnya diberi air mancur kecil, selain lebih asri dan sejuk taman akan terlihat lebih hidup karena suara air yang alami.

2. Pagar Hias

tanaman rambat di depan rumah

Setelah Anda membuat taman dengan cara menata taman depan rumah, bisa dipermanis dengan memberi hiasan pada pagarnya berupa tanaman rambat yang akan memberi nuansa alam yang lebih kental. Apalagi tanaman rambat ini perawatannya terbilang mudah, jadi tidak akan memakan waktu banyak untuk merawatnya.

3. Lampu Taman

Mau kesan romantis yang kental, Anda bisa menambahkan lampu taman di area tersebut dengan bentuk-bentuk unik sesuai keinginan Anda. Tapi pastikan tak mengganggu proses tumbuh dari tanaman.

Demikianlah informasi seputar cara menata taman depan rumah khususnya untuk lahan yang terbatas. Intinya adalah bagaimana Anda memanfaatkan lahan sekecil apapun agar tidak hanya menjadi lahan kosong yang tak memiliki fungsi.

Yakinlah ketika taman tersebut sudah jadi, Anda sendiri yang akan merasakan manfaatnya. Ayo buat sekarang dan jadikan rumah terbaik Anda jadi lebih asri dan indah.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close