Bisnis Online

Mau Coba Bisnis Online? Begini Cara Mencari Supplier Dengan Baik

Memulai bisnis online memang merupakan suatu tantangan, tetapi bukan berarti kita tidak bisa menjalaninya. Bisnis online masa kini hadir sebagai terobosan baru dunia bisnis yang biasanya hanya dapat menjangkau beberapa kalangan. Adanya bisnis online masa kini membuat banyak orang dapat menjangkau banyak pelanggan baru hanya dengan bantuan media sosial.

Kehadiran media sosial banyak membantu pembisnis pemula untuk dapat mengembangkan bisnis online. Bahkan seseorang dapat menjalankan bisnis online hanya bermodal nol rupiah. Artinya seseorang akan bertindak sebagai dropshipper yaitu seseorang yang menjual kembali produk dari supplier tanpa harus memiliki produknya.

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

Untuk menjadi droshipper yang sukses tidak terlepas dari bantuan supplier tangan pertama. Cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya memang dibutuhkan ketelitian, agar tidak merugikan bisnis online ke depannya. Kali ini kita akan simak bersama bagaimana cara untuk menemukan supplier tangan pertama yang akan membantu bisnis anda dapat berjalan dengan lancar.

1. Cari di media sosial

media sosial
Source via: tribunnews.com

Langkah awal yang harus anda lakukan jika ingin mencari supplier dengan mudah adalah dengan mencari supplier dengan bantuan media sosial seperti Instagram. Fitur dalam media sosial membantu supplier ataupun dropshipper untuk saling menemukan. Cara yang bisa digunakan adalah dengan memberikan petunjuk dengan menggunakan bantuan hastag di media sosial. Jika anda sudah menentukan dahulu produk apa yang akan dijual maka ketik dalam mesin pencarian di media sosial anda contohnya seperti #suppliergamis, #supplierbajuwanita, atau #supplierhijab, nanti anda akan diperlihatkan jutaan akun sesuai dengan kata kunci yang anda cari.

2. Rajin pergi ke bazzar atau pameran

Cara mencari supplier selanjutnya adalah dengan rajin berkunjung ke event bazzar atau pameran, karena biasanya banyak supplier tangan pertama yang mengikuti pameran untuk memperkenalkan produk yang dimiliki mereka kepada pembisnis yang lain. Mengunjungi pameran akan membuat anda dapat berinteraksi langsung dengan supplier secara langsung dan jika anda cocok dengan kualitas produk, harga, serta sistem kerjanya, tidak menutup kemungkinan saat itu langsung terjadi kesepakatan kerjasama. Cara satu ini yang masih sering digunakan untuk mendapatkan supplier dengan harga murah dan tentunya terpercaya.

3. Gabung ke komunitas pembisnis

komunitas pembisnis
Source via: bisnisukm.com

Bergabung ke dalam komunitas pembisnis akan membuat anda dengan mudah menemukan supplier. Anda tidak perlu khawatir saat mencari supplier yang terpercaya, karena biasanya komunitas bisnis sudah memiliki jaringan atau koneksi yang luas dengan supplier macam-macam produk. Anda juga akan dengan mudah untuk mendapatkan informasi tentang kinerja supplier tertentu, karena biasanya komunitas pembisnis juga memiliki catatan kerja atau prestasi dari bisnis yang dimiliki oleh supplier.

4. Pergi ke sentra industri tertentu

Jika saat ini anda sedang mencari supplier, cobalah untuk pergi ke beberapa sentra industri yang menawarkan produk yang ingin anda jual. Contohnya jika anda ingin menjual batik Pekalongan, berkunjunglah ke sentra industri batik Pekalongan untuk melihat langsung bagaimana kualitas bahan dan anda dapat dengan mudah bertanya jawab dengan supplier secara langsung. Menjalin kerjasama dengan supplier dari sentra industri biasanya akan membantu anda untuk menemukan harga yang terbaik dibandingkan dengan cara-cara yang lain.

Itulah beberapa tips untuk mencari supplier tangan pertama yang baik dan terpercaya. Memang dibuthkan ketelitian dan sikap pantang menyerah untuk menemukan supplier yang sesuai. Selamat menemukan supplier yang terbaik.

Show More

Ridwan Albar

“Be the good, because God loves the goodness.”

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close