Tutorial

Inilah Cara Mengetik 10 Jari untuk Pemula

Memiliki kemampuan mengetik yang cepat dan minim typo merupakan sebuah nilai plus bagi anda agar bisa menyelesaikan tugas atau dokumen yang harus diketik dalam waktu singkat. Nah salah satu cara yang bisa dilakukan agar kemampuan mengetik anda meningkat yaitu dengan menggunakan teknik mengetik 10 jari.

Bagi anda yang mungkin belum familiar dan belum terbiasa mengetik dengan cara yang efektif dan efisien seperti ini, anda tak perlu khawatir! Sebab metode mengetik 10 jari bisa mudah anda pelajari dengan mengikuti panduan yang akan kami berikan di bawah ini.

Cara Mengetik Dengan 10 Jari di Keyboard

Cara Mengetik Dengan 10 Jari di Keyboard

Berikut merupakan beberapa tips mengenai cara mengetik dengan menggunakan 10 jari yang bisa anda ikuti.

1. Duduklah dalam posisi yang benar

mengetik 10 jari dengan duduk

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengetik menggunakan 10 jari dengan tepat, terlebih dahulu posisi badan anda saat duduk haruslah tepat.

Nah agar posisi badan nyaman, mula-mula anda harus memosisikan punggung tegak namun tetap santai. Anda juga bisa bersandar ke bagian penyangga belakang kursi kerja anda.

Selain itu posisikan kepala lurus ke depan layar komputer dengan tidak terlalu membungkuk ataupun condong ke depan. Terakhir, usahakan paha sejajar dengan lantai dan telapak kaki menapak ke tanah.

2. Pastikan posisi meja dan setelan layar komputer sudah baik

mengetik dengan nyaman

Agar bisa mengetik dengan benar dan nyaman anda juga harus memastikan bahwa posisi meja dan setelan layar monitor sudah tepat. Hal ini juga penting agar anda bisa mengetik dengan nyaman, tidak cepat lelah, dan tetap bisa fokus.

Nah untuk meja, pastikan tingginya pas dengan siku dan membuat letak keyboard nyaman saat digunakan. Untuk layar monitor, sebaiknya anda mengatur setelan kontras dan kecerahannya pas di mata, tidak redup ataupun terlalu terang.

Baca juga: Ini Dia Cara Daftar Facebook Ads yang Wajib Dilakukan!

Selain itu aturlah posisi layar komputer sehingga tidak memantulkan cahaya baik dari lampu ataupun sumber cahaya lainnya yang menyebabkan mata anda silau.

Selain itu pastikan layar sejajar lurus dengan pandangan mata anda. Terakhir, saat anda mengetik pastikan jarak mata dengan layar komputer adalah 50 hingga 60 cm.

3. Tempatkan jari pada keyboard dengan benar

cara mengetik dengan 10 jari

Agar bisa mengetik dengan 10 jari dengan lancar, anda harus bisa menempatkan jari-jari anda dengan benar di keyboard. Berikut merupakan panduan detail posisi jari-jari anda pada keyboard saat mengetik.

Posisi jari-jari tangan kiri pada keyboard:

  • Letakkan jari telunjuk untuk mengetik F, R, V, G, T, B, 4, dan 5
  • Letakkan jari tengah untuk mengetik D, E, C, dan 3
  • Letakkan jari manis untuk mengetik S, W, X, dan 2
  • Letakkan jari kelingking untuk mengetik A, Q, Z, 1, Alt, tanda tak hingga (~), Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan Windows
  • Letakkan ibu jari untuk mengetik bagian spasi,

Sedangkan posisi jari-jari tangan kanan pada keyboard yaitu:

  • Letakkan jari telunjuk untuk mengetik J,H, U,Y, M, N, 7, dan 6
  • Letakkan jari tengah untuk mengetik K, I, tanda koma (,), dan 8
  • Letakkan jari manis untuk mengetik L, O, 9, tanda titik (.), dan Alt
  • Letakkan jari kelingking untuk mengetik tanda titik koma (;), tanda petik (‘), Enter, P. tanda kurung siku ( [ ] ),garis miring kiri (\), tanda Tanya (?), tanda klik kanan, Shift, dan Ctrl
  • Terakhir, letakkan jari ibu jari untuk mengetik bagian spasi

Dengan memosisikan jari-jari tangan anda sesuai dengan panduan di atas, kedua jari anda tidak akan saling silang sehingga proses pengetikkan bisa lebih efektif dan efisien.

Seperti yang bisa anda lihat pada gambar dibawah bawah, yaitu area tangan kiri diposisikan mulai dari huruf F hingga Windows. Untuk tangan kanan, posisikan jari-jari anda pada area huruf J hingga Ctrl.

4. Latihkan jari-jari anda

contoh latihan pengetikkan

Anda telah mengetahui posisi jari-jari tangan yang tepat pada keyboard. Nah selanjutnya tinggal melatih keakuratan pengetikkan dari jari-jari anda.

Baca juga: 4 Cara Mudah Membuat Garis di Microsoft Word

Caranya yaitu dengan berlatih mengetik format teks yang biasa digunakan dalam latihan pengetikkan. Nah berbagai contoh teks tersebut bisa anda cari dengan mudah di Google, contohnya seperti kalimat-kalimat pada gambar di atas.

 

Aplikasi dan Situs Untuk Berlatih Mengetik 10 Jari

Situs Untuk Berlatih Mengetik 10 Jari

Nah, selain berlatih dengan mengetikkan kalimat atau teks yang umum digunakan untuk mengukur keakuratan posisi jari tangan, anda juga bisa berkatih mengetik menggunakan aplikasi.

Adapun beberapa aplikasi tersebut diantaranya yaitu TyoeRacer, Stamina Typing Tutor, Touch typing Study, Rapid Typing Tutor, Kiran’s Typing Tutor, dan lain sebagainya.

Selain menggunakan aplikasi di atas, anda juga bisa berlatih mengetik dengan mengakses situs daring seperti typing.com, typingtutor-online.com, 10fastfinger.com, keybr.com, dan lain sebagainya. Agar lebih jelas, mari kami jelaskan mengenai 4 situs pengetikan 10 jari untuk anda.

1. typing.com

typing

Kelebihan dari situs yang satu ini yaitu anda bisa memilih berbagai jenis level test pengetikan, yakni mulai dari level pemula hingga master. Dengan berlatih melalui situs ini anda bisa lebih mudah mengetahui kemajuan kecepatan mengetik anda.

2. Keybr.com

Keybr

Situs ini sangat direkomendasikan untuk pemula, sebab cara penggunaanya sangat sederhana dan simpel. Pada situs ini anda bisa memilih salah satu dari 7 jenis bahasa yang tersedia.

Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi atau Game di Laptop Dengan Mudah

3. Tipp10.com

Tipp10

Situs ini cocok untuk anda yang ingin lancar dalam mengetik teks bahasa Inggris. Fitur yang menarik dari situs ini yaitu terdapat fitur untuk mengoreksi kesalahan yang bisa anda ketahui berdasarkan tanda khusus.

4. Typeracer.com

Typeracer

Jika anda ingin beralatih dengan cara yang lebih santai namun menantang, situs typeracer.com pastilah merupakan pilihan yang tepat. Dalam situs ini anda bisa melatih kemampuan 10 jari anda dalam bentuk permainan balap mobil.

Anda tidak bermain sendiri loh, melainkan anda akan balapan berebut menjadi yang tercepat dengan pemain lainnya secara online.

Jika anda sudah mahir, tidak perlu mengetik sambil melihat keyboard, dimana cara tersebut bisa memperlambat proses pengetikkan anda.

Nah itulah panduan dan tips lengkap dalam mempelajari teknik mengetik 10 jari. Jika anda sudah mahir, maka tahap selanjutnya bisa mengikuti tips membuat artikel SEO yang menarik untuk mencoba peruntungan menulis di media online. Semoga isi informasi di atas bermanfaat dan bisa anda ikuti dengan mudah.

Jangan lupa untuk sabar dan rajin dalam berlatih supaya anda dapat segera mengetik dokumen yang perlu anda selesaikan dengan cepat dan akurat. Selamat berlatih dan tetap semangat ya!

Show More

Rabila

"hidup tidak harus pergi mengikuti ke mana jalan akan berujung. Buat dan nikmatilah jalanmu sendiri lalu tinggalkanlah jejak"

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close