Inilah 4 Cara Merawat Folding Gate Paling Efektif

Pernahkah anda melihat pintu pada sebuah toko ataupun tempat lain seperti garasi yang cara membuka serta menutupnya dengan menarik ke samping? Jika pernah, maka anda telah mengenal jenis pintu yang bernama folding door. Jenis pintu ini merupakan jenis yang cukup familiar. Keberadaannya cukup banyak dan sangat mudah sekali untuk kita temui.

Cara Merawat Folding Gate

Pintu dengan nama lain folding gate ini memiliki berbagai kelebihan diantaranya adalah tahan lama serta kuat karena lebih dari setengah bahan pembuatannya berupa besi. Eitss.. tapi tunggu dulu karena bahan dan bentuk pintu yang tak biasa, maka perawatan secara berkala pada penggunaan pintu tersebut menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik.

Perawatan ini penting untuk dilakukan demi mencegah kerusakan kecil yang nantinya akan menimbulkan kerusakan permanen pada pintu tersebut. Lalu, bagaimana cara merawat pintu ini secara tepat dan efektif? Yuk kita cari tahu lebih lengkapnya disini.

Cara Paling Efektif untuk Merawat Folding Gate

Folding Door

Cara yang akan kita bahas disini merupakan cara sederhana yang dapat anda lakukan sendiri. Pastikan bahwa anda melakukan perawatan dengan benar dan juga rutin agar hasil yang didapat menjadi lebih maksimal.

1. Membersihkan jalur roda pintu

Hal yang paling sederhana dalam perawatan ini adalah membersihkan jalur rel yang akan dilalui oleh roda pintu. Jalur tersebut biasanya memiliki posisi yang lebih rendah dari lantai. Oleh sebabnya saat kita membersihkan lantai atau menyapu kotoran, maka kotoran tersebut akan masuk ke dalam jalur.

Kotoran yang berasal dari debu, sisa-sisa sampah halus yang ada di lantai akan menghambat kinerja pada roda dan membuatnya menjadi macet atau tersendat. Maka dari itu, rajin-rajinlah anda membersihkan bagian jalur roda tersebut paling tidak seminggu sekali atau saat kotoran sudah terlalu banyak dan menumpuk. Selain itu usahan saat hendak menyapu, jangan sampai sampah yang disapu masuk ke dalam jalur.

2. Memberi pelumas pada roda

Folding door umumnya memiliki dua bagian roda yaitu roda atas dan roda bawah. Kedua bagian tersebut yang akan bekerja untuk membuat pintu menjadi terbuka dan tertutup. Besi pada landasannya terkadang bisa menjadi berkarat seiring berjalannya waktu. Apabila jalur yang berkarat bergesekkan dengan roda, maka pintu akan sulit untuk ditutup maupun dibuka.

Hal ini dikarenakan roda menjadi seret atau sulit untuk berjalan. Untuk mengatasi hal seperti itu, anda cukup menambahkan pelumas pada jalur yang dilalui roda. Pelumas tersebut dapat berasal dari oli bekas, minyak kelapa dan lainnya yang memiliki tekstur licin. Lakukan cara ini secara berkala, maka pintu menjadi tidak lagi susah untuk dibuka dan ditutup.

3. Memastikan roda berada pada tempatnya

Keberadaan roda ini sangat penting posisinya. Roda sebagai alat yang dapat menjalankan daun pintu tidak boleh keluar jalur. Periksa kembali apakah roda dapat bekerja dengan sempurna? Kemudian anda perlu memperhatikan roda agar tidak keluar dari landasan utamanya baik roda atas maupun roda yang bawah juga.

4. Membuka dan menutup pintu dengan benar

Secara otomatis kita hanya akan menggunakan satu tangan ketika hendak menutup dan membuka pintu yang ditarik. Tapi ternyata kondisi seperti ini tidak baik untuk dilakukan apalagi setelah mengetahui bahwa kebiasaan tersebut dapat memengaruhi sistem kerja roda bagian atas dan bawah. Kebiasaan ini akan berdampak pada kondisi rel bawah yang tidak berjalan berbarengan. Jika sudah seperti itu, bisa saja roda menyangkut dan akhirnya terjadi kerusakan. Oleh karenanya, lebih baik menggunakan kedua tangan anda saat hendak menutup maupun membuka pintu agar kedua roda tetap dapat berjalan beriringan.

Nah itu tadi cara mudah yang dapat anda terapkan jika anda mengalami kondisi yang sama. Mulai sekarang, sebaiknya anda semakin rutin membersihkan folding door agar pintu menjadi lebih tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *