Properti

3 Desain untuk Taman Belakang Rumah Paling Mudah

Memiliki taman di belakang rumah menjadi impian bagi setiap orang, apalagi bagi hunian di tengah perkotaan yang lingkungannya penuh dengan polusi, taman belakang rumah menjadi lokasi yang sangat strategis.

Taman belakang rumah dapat dijadikan tempat bersantai, berkumpul bersama keluarga dan kerabat, atau dapat dijadikan kebun kecil bagi Anda yang hobi bercocok tanam.

Karena taman belakang rumah merupakan tempat strategis yang dapat memberikan kenyamanan, maka mendesainnya menjadi upaya yang sangat penting. Mendesain taman belakang dapat dilakukan dengan mudah, seperti memanfaatkan inspirasi dari tema-tema yang sedang trend hingga memanfaatkan barang-barang bekas.

Desain Mudah Taman Belakang Rumah

Umumnya, rumah modern hingga saat ini masih memiliki taman belakang karena adanya naluri manusia akan kebutuhan alam bebas. Komponen penting dalam taman adalah adanya tanaman, rumput/tanah sebagai media tanam, dan elemen lainnya yang mendukung naturalisasi.

Taman belakang rumah biasanya dibuat dengan menyesuaikan gaya interior rumah, misalnya ketika rumah yang dibangun adalah rumah gaya minimalis, maka begitu pula degan taman belakangnya. Adapun beberapa desain yang mudah untuk diapliaksikan di taman belakang adalah:

Desain Taman Romantis

Desain Taman Romantis

Taman belakang rumah dapat dijadikan tempat yang romantis di mana Anda dapat menghabiskan waktu yang berkualitas dengan pasangan Anda. Membangun taman belakang rumah yang romantis dapat dilakukan dengan mengaplikasikan elemen berikut:

1. Kursi gantung

Lampu tumblr akan menambah kesan romantis dan kehangatan pada taman belakang rumah Anda khususnya saat petang atau malam tiba. Lampu tumblr dapat Anda pasang pada dinding-dinding taman maupun di gantungkan malang-melintang di atas taman sehingga mampu menyinari taman secara menyeluruh.

2. Lampu tumblr

Lampu tumblr akan menambah kesan romantis dan kehangatan pada taman belakang rumah Anda khususnya saat petang atau malam tiba. Lampu tumblr dapat Anda pasang pada dinding-dinding taman maupun di gantungkan malang-melintang di atas taman sehingga mampu menyinari badan taman secara menyeluruh.

3. Suara air mancur menambah keromantisan

Air mancur dapat dipasang di taman belakang rumah dengan berbagai variasi ukuran menyesuaikan dengan luas taman. Air mancur serta suara gemericiknya mampu menciptakan suasana romantis yang alami sehingga sangat cocok untuk Anda yang menyukai suasana alam yang dominan.

4. Lilin

Selain lampu tumblr, lilin juga dapat menambahkan kehangatan dan suasana romantis pada taman. Anda dapat memasang lilin pada seluruh sisi taman dengan dibuat bingkai, atau di tengah taman dengan membentuk pola tertentu.

Desain Taman Klasik

Desain Taman Klasik

Jika Anda memiliki interior rumah yang klasik, maka otomatis Anda ingin menata taman belakang yang juga klasik.

Gaya klasik dapat menciptakan kemewahan dan keunikan tertentu pada taman yang tentu saja menjadi point lebih dari sebuah taman. Untuk ciptakan desain taman klasik dengan cara mudah, Anda perlu menerapkan beberapa komponen:

1. Aksen batuan alam

Batuan alam seperti granit atau batuan alam lainnya dapat menciptakan suasana klasik yang elegan. Aksen ini dapat diterapkan pada material dinding pembatas taman, pada material air mancur, pot bunga, dan lain sebagainya.

2. Warna

Terapkan warna-warna seperti merah, cokelat, hitam, putih dan aksesn gold pada taman klasik untuk memperkuat kesannya. Berbagai warna ini dapat Anda terapkan pada dinding pembatas taman, pot bunga, dan lain sebagainya.

Desain Taman yang Penuh Tanaman

Desain Taman yang Penuh Tanaman

Bagi Anda yang meyukai bercocok tanam, menjadikan taman belakang sebagai ladang pertanian mini menjadi solusi yang sangat tepat, apalagi jika rumah Anda di tengah perkotaan yang penuh polusi.

Taman belakang rumah yang penuh dengan tanaman dapat menjadi ruang pemasok oksigen yang segar. Untuk menciptakan taman penuh kehijauan dengan cara yang mudah di antaranya:

1. Kebun vertikal di taman minimalis

Anda tidak perlu khawatir tidak dapat bercocok tanam dengan luas taman belakang rumah Anda yang minimalis karena Anda dapat memanfaatkan kebun vertikal. Anda hanya perlu menyusun tanaman dengan menumpuknya ke atas, baik itu menggunakan pot maupun media lain seperti botol bekas, pipa, plastic, dan lain-lain.

2. Taman hidroponik

Jika taman belakang rumah Anda tidak memiliki tanah yang representatif untuk ditumbuhi tanaman, Anda dapat membuat taman hidroponik di mana untuk menumbuhkan tanaman, Anda tidak perlu media tanah.

Anda hanya perlu menggunakan pipa yang disusun, baik itu secara vertikal maupun horizontal. Tanaman Anda hanya perlu diberi nutrisi yang dicampurkan dengan air yang Anda siramkan secara rutin, dengan seperti itu tanaman Anda dapat tumbuh selayaknya tanaman yang ditanam pada media tanah.

3. Taman sayuran dan obat-obatan

Menanam tanaman di taman belakang rumah Anda tidak hanya melulu menanam tanaman hias saja, Anda juga dapat menanam sayuran dan tanaman obat sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan domestic Anda.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close