Jenis Alat Untuk Menjilid Buku

Ketika musim sekolah tiba, biasanya siswa-siswa akan melakukan penjilidan buku agar bukuĀ  yang digunakannya bisa terlihat lebih rapi dan juga bersih.

Untuk melakukan penjilidan, siswa bisa menggunakan penjilidan dengan metode sederhana yakni dengan membeli beberapa lembar kertas jilid dan juga plastik penjilidan yang bisa didapatkan di tempat-tempat fotocopy dan sejenisnya.

Namun, jika tidak ingin ribed menjilid buku-buku sendiri, sebetulnya anda bisa menggunakan jasa dari tukang fotocopy. Biasanya mereka menyediakan jasa khusus untuk hal tersebut. Baik untuk menjilid buku tulis, paper, skripsi, kliping dan lain sebagainya.

Adapun, di beberapa tempat fotocopy ataupun jasa penjilidan biasanya mereka menggunakan Alat untuk menjilid buku seperti dibawah ini:

Apa Saja Jenis Alat Untuk Menjilid Buku?

Mesin Spiral Kawat

Anda pasti pernah melihat sebuah buku yang memiliki bagian-bagian berbentuk bulat di sisinya sebagai penyambung dari setiap halaman buku. Nah, bentuk bulatan-bulatan yang terbuat dari kawat tersebut dibuat menggunakan mesin spiral kawat.

Dengan menggunakan mesin ini, tampilan buku bisa terlihat semakin rapi. Anda tidak perlu khawatir buku akan sobek atau terlepas ketika dibuka. Ini dikarenakan kawat yang digunakan saling sambung menyambung sehingga sangat kuat.

Selain itu, menggunakan buku jenis jilid kawat dapat memudahkan anda dalam penghematan space. Buku anda dapat diputar ke belakang tanpa takut ada lekukan lekukan yang membuat buku nantinya lecek dan berbekas.

Adapun, sebagai pemilik jasa fotocopy, jika anda ingin membeli mesin jenis ini tentu saja anda harus mengeluarkan kocek yang cukup banyak. Selain itu anda juga harus melakukan pelatihan tertentu sebelum nanti terbiasa menggunakan alat ini.

Mesin Jilid Plastik Spiral

Sebetulnya mesin ini hampir mirip cara kerjanya dengan mesin kawat, hanya saja penggunaan mesin ini lebih sederhana dan menggunakan tali plastik pada sisi bukunya.

Mesin ini biasanya digunakan untuk penjilidan buku tertentu. Harga untuk melakukan penjilidan dengan cara ini tentu saja lebih murah dibandingkan menggunakan kawat.

Hanya saja tampilan jilid ketika menggunakan metode ini akan terkesan seperti murahan dan kurang profesional. Jika anda menggunakannya untuk tugas sekolah anda bisa menggunakan ini. Namun, untuk keperluan yang lebih profesional lebih baik anda menggunakan penjilidan dari mesin kawat.

Mesin Jilid Lem Panas

Mesin jilid jenis ini adalah salah satu mesin yang banyak di gunakan di tempat fotocopy. Cara kerja mesin jilid plastik adalah dengan menggunakan lem yang telah dipanaskan oleh mesin sehingga kertas nantinya akan terpress dan terlapisi plastik yang cukup kuat.

Mesin jilid ini biasanya digunakan untuk melakukan penjilidan pad kertas bentuk soft cover ataupun hard cover pada berbagai jenis buku, utamanya buku-buku yang berkaitan dengan perkuliahan. Seperti misalnya makalah, jurnal, skripsi dll.

Dengan menggunakan mesin ini, kualitas buku akan semakin terlihat rapi dan juga kuat. Selain itu, pada bagian depan cover anda juga bisa menuliskan nama dan juga hal lainnya sebagai identitas dari buku tersebut.

Staples dan Lakban

Cara paling sederhana dan murah untuk melakukan penjilidan buku adalah dengan menggunakan staples, plastik dan juga lakban. Metode jilid seperti ini paling banyak kita temui untuk melakukan penjilidan tugas tugas sekolah dalam berbentuk makalah ataupun laporan.

Untuk metode penjilidan seperti ini proses sangat cepat, apalagi jika sumber daya sudah terlatih dan juga terbiasa.

Adapun, untuk melakukan press pada sisi buku, anda bisa melakukannya secara manual atau dengan menggunakan bantuan mesin tertentu.

Itulah tadi jenis-jenis alat jilid buku dari mesin yang biasa digunakan. Semoga artikel ini manfaat ya.

Related Posts

Kemudahan Mengatur Stok Bisnis Minimarket dengan Kasir Offline

Pengelolaan bisnis minimarket memang terkadang terasa cukup menantang. Dibutuhkan ketelitian yang tinggi untuk memastikan bisnis ini berjalan secara optimal. Itulah mengapa sangat disarankan bagi pebisnis minimarket untuk…

Ini 7 Alasan Pentingnya Genset untuk Kantor Anda

Genset merupakan alat yang sangat penting, karena berfungsi sebagai cadangan listrik bagi sebuah tempat, seperti kantor. Anda bisa mendapatkan genset di GCP sebagai tempat jual genset Jakarta…

5 Keuntungan Memakai Broker untuk Trading Forex Anda

Investasi yang aman menjadi pilihan untuk pemula yang ingin mengembangkan modal atau aset menjadi lebih banyak. Jenis investasi aman yang dipilih bisa berupa deposito berjangka, logam mulia,…

Dapatkan Penghasilan di Olsera dengan Gabung Olsera Partner Dijamin Cuan

Peran teknologi telah sukses merambah berbagai lini bisnis. Pengelolaan data keungan yang menyangkut jual beli, kini dapat dipermudah. Olsera hadir sebagai aplikasi kasir digital yang menawarkan berbagai…

Investasi Aman dengan Pengembalian yang Sangat Tinggi

Pengembalian tinggi adalah yang diinginkan investor, tetapi itu bukan satu-satunya faktor. Saat meninjau investasi, para profesional tidak hanya melihat potensi pengembalian absolut tetapi juga sesuatu yang disebut…

Tertarik Memulai Usaha Makanan kemasan? Baca Tipsnya Disini

Banyak jenis usaha yang dapat dijalani bila Anda mau. Dimulai dari usaha modal kecil sampai modal besar. Jika anda berminat untuk buka usaha, karenanya pastikan tipe usaha…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *