Jenis Bahan Tali Id Card

Para karyawan atau panitia sebuah acara pasti memiliki kartu identitas atau lebih sering disebut sebagai id card. Agar tidak hilang dan juga memudahkan orang-orang mengenal identitas satu sama lain, sering kali id card dikenakan dengan menggunakan tali id card. Dengan penggunaan tali id card, karyawan juga dapat tampil lebih formal dan profesional.

Jenis Bahan Tali Id Card

Tali id card ini biasanya dapat dilengkapi dengan logo atau nama dari perusahaan atau acara. Maka secara tidak langsung, tali ini juga menunjukan identitas suatu perusahaan. Bisa dibilang tali id card juga dapat berfungsi sebagai media branding dari perusahaan, karena desain logo pada tali dapat memperkenalkan perusahaan kepada orang-orang yang melihatnya. Jenis bahan tali id card yang tersedia di pasaran biasanya dibagi berdasarkan bahan pembuatannya. Dengan begitu, maka tali bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5 Jenis Bahan Tali Id Card

Bahan Tali Id Card

Meskipun terlihat sepele, tetapi peran tali id card cukup penting. Kualitas kekuatan dan tampilan tali patut diperhatikan sebelum membeli. Sejauh ini, terdapat lima jenis bahan tali id card yang sering dipakai untuk berbagai keperluan. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Tali Polyester Kilap

Tali id card ini dibuat dari bahan polyester. Permukaannya terlihat mengkilap karena terdapat campuran filamen di dalamnya. Tekstur tali ini agak kasar dan apabila dilihat dengan seksama terlihat juga tekstur sulaman dipermukaannya. Harga jual tali id card ini juga cukup murah. Oleh karena itu, tali polyester kilap sangat cocok dipakai untuk acara yang berlangsung dalam durasi yang singkat, seperti seminar atau festival.

2. Tali Polyester Doff

Meski sama-sama terbuat dari bahan polyester, tali yang satu ini tidak mengkilap karena tidak menggunakan tambahan filamen. Tali ini memiliki warna doff , yaitu warna yang cenderung lebih redup dan gelap. Meskipun berbeda dari segi penampilan, tetapi tali ini sama kuatnya dengan bahan tali polyester kilap. Biasanya tali polyester doff sering digunakan untuk keperluan acara olahraga.

3. Tali Tissue

Seperti namanya, tali yang satu ini memang memiliki karakteristik bahan yang mirip dengan tisu. Tali ini cenderung tipis, ringan dan memiliki permukaan yang halus. Hal itu membuat tali tissue terlihat lebih mewah dan menarik. Meskipun tidak setebal tali lainnya, tali ini tetap memiliki tingkat kekuatan yang tinggi sehingga tidak perlu khawatir tali akan cepat putus. Tali tissue juga memiliki ikatan serat yang rapat, sehingga bisa memberikan hasil cetak yang lebih jelas. Akan tetapi, harga tali ini relatif lebih mahal dari tali jenis lainnya.

4. Tali Tube atau Sarung

Kebanyakan tali id card berbentuk pipih, namun tidak dengan tali yang satu ini. Tali tube atau sering juga disebut dengan tali sarung memiliki bentuk yang lebih bervolume. Banyak orang yang berpendapat bahwa tali ini berbentuk seperti sedotan yang terbuat dari bahan kain. Ukuran tali ini pun cenderung lebih kecil dari jenis tali lainnya. Namun tali ini memiliki kelenturan yang tinggi sehingga sangat nyaman untuk digunakan. Pada permukaan tali tube dapat terlihat bentuk sulaman dan teksturnya cenderung lebih kasar. Karena itu, tali ini hanya bisa dicetak menggunakan teknik sablon saja.

5. Tali Reflektif

Tali ini disebut sebagai tali reflektif karena terbuat dari bahan yang dapat memantulkan cahaya di sekitarnya. Tali ini bisa bersifat reflektif karena dibuat dari benang khusus bernama benang schotchilete, sehingga tali ini disebut juga sebagai tali schotchilete. Dengan menggunakan tali reflektif, maka tali id card dapat terlihat lebih glamor dan mewah dari pantulan cahaya yang dihasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *