Jenis Pengait Tali Lanyard

Bagi para pekerja kantoran yang sering memakai ID Card pasti sudah tidak asing kan dengan tali lanyard? Tali lanyard adalah tjenis tali untuk menggantung ID Card. Supaya penggunanya tidak bosan, tali ini dibuat dari berbagai jenis bahan, warna, dan ukuran yang berbeda. Tidak hanya itu, lanyard juga memiliki tiga bagian yang berbeda, di antaranya card holder sebagai tempat penyimpan kartu dan stopper yang berfungsi sebagai pemisah tali dan card holder. Dengan adanya stopper dapat memudahkan pengguna ketika ingin melepaskan atau memisahkan ID Card tanpa harus melepas tali yang masih tergantung di leher. Stopper biasanya terbuat dari bahan plastik.

Jenis Pengait Tali Lanyard

Namun, yang perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa tali id card yang tidak menggunakan stopper. Bagian yang tidak kalah pentingnya adalah pengait yang bertujuan untuk mengaitkan card holder dengan tali lanyard. Pengait wajib ada di dalam tali, sebab bila tidak ada maka ID Card tidak dapat menggantung. Pengait lanyard memiliki beberapa model yang terbuat dari bahan dan cara penggunaan yang berbeda lho. Nah, berikut ini adalah jenis pengait tali lanyard yang disering digunakan.

6 Jenis Pengait Tali lanyard

1. Standard J Hook

Standard J Hook

Kaitan lanyard ini merupakan yang paling umum digunakan masyarakat. Cara memakainya pun cukup mudah, yaitu sisi kaitan ditekan sampai celah untuk mengait card holder terbuka, lalu lepaslah sisi kaitan yang telah ditekan sebelumnya. Pengait ini terbuat dari jenis bahan plastik hitam dan jenis logam berwarna emas atau perak. Logam yang digunakan untuk jenis pengait ini cukup tipis, sehingga mudah bengkok apabila terus-terusan ditekan.

2. Oval Hook

Oval Hook

Pengait ini memiliki beberapa kemiripan dengan J hook, yaitu dalam bahan pembuatan dan cara penggunaannya. Hanya saja yang membedakan adalah bentuknya yang lebih oval dan memiliki ukuran yang besar. Dengan bentuknya yang oval ini, dapat memudahkan kita dalam memasukan card holder yang tebal atau bisa juga dengan menambahkan aksesoris seperti gantungan.

3. Thumb Hook

Thumb Hook

Hampir sama dengan J hook dan oval hook, pengait ini juga terbuat dari logam. Namun, logam yang dipakai lebih kuat dan terdapat tonjolan di badannya. Untuk memakainya yaitu bagian yang menonjol tadi ditekan ke bawah sampai salah satu sisi pengait terbuka secara otomatis. Thumb hook terdiri dari warna perak, emas, dan rose gold.

4. Mobile Phone Loop

Mobile Phone Loop

Sebelumnya mobile phone loop berfungsi sebagai pengait gantungan ponsel. Seiring berkembangnya waktu, kaitan ini dijadikan sebagai pengait ID Card, sebab cukup simpel dan anti karat. Tali pengait ini terbuat dari bahan sejenis nilon dan badannya terbuat dari plastik. Selain itu, dilengkapi stopper kecil juga untuk melepaskan bagian tali lanyard. Untuk memakainya kamu hanya perlu mengikat tali ke lubang card holder.

5. Crocodile atau bulldog clip

bulldog clip  

Jenis kaitan ini memiliki bentuk yang serupa dengan penjepit pakaian. Begitupun cara pemakaiannya, yakni dengan kedua sisinya ditekan bersama, lalu jepitlah card holder. Pengait ini terbuat dari bahan logam dan plastik. Namun, yang sering digunakan adalah bahan logam, sebab lebih kuat dan tidak gampang lepas.

6. Pull reel

Pull reel

Berbeda dengan jenis pengait tali lanyard lain yang menggunakannya dengan digantung di leher, pull reel dipakai dengan menyelipkannya di saku atau kerah baju. Tali pengait ini tergulung secara rapi di dalam lingkaran yang terletak di atas kaitannya. Dengan begitu, kita hanya perlu menarik ujungnya hingga ID Card terulur keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *