Bisnis Online

Cara Yang Harus Dilakukan Untuk Mencari Supplier

Pernahkah kamu berpikir dari mana pabrik-pabrik besar mendapatkan bahan mentah yang mereka olah? Ya, tepat! Jawabannya adalah supplier.

Hingga saat ini banyak yang belum mengerti antara supplier dan distributor, sehingga antar keduanya sering kali keliru.

Supplier adalah pihak perorangan atau perusahaan yang memberikan bahan mentah kepada produsen. Sedangkan distributor adalah pihak perorangan atau perusahaan yang memberikan barang jadi kepada konsumen. Berbeda bukan?

Lalu bagaimana cara mencari supplier yang benar agar kamu tidak kecewa dan bahan yang datang sesuai dengan keinginanmu?

Cara Mencari Supplier

Tips Menemukan Supplier

Mencari supplier pada kenyataannya susah-susah gampang, hal ini dikarenakan perlu adanya hal yang harus dipahami dan langkah yang harus dilakukan. Di antaranya:

Langkah Sebelum Menemukan Supplier

  1. Tentukan kebutuhan

Sebelum kamu menentukan supplier mana yang akan kamu pilih, tentukan terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan kamu. Cara menentukannya adalah dengan menentukan apa yang akan kamu produksi.

Saat kamu menentukan produksimu ke arah mana, maka dapat dengan mudah menentukan kebutuhan bahan mentah apa saja sehingga produk yang kamu inginkan dapat terpenuhi dengan baik.

  1. Nasional atau impor

Kamu perlu menentukan produk mentah yang kamu butuhkan berasal dari Indonesia (nasional) atau dari negara lain (impor).

Baca juga: Pinjaman Online Cepat, 1 Hari Langsung Cair Tanpa Jaminan

Tentu saja masing-masing pilihan memiliki kekurangan dan kelebihan. Ketika kamu pilih bahan mentah nasional, maka akan mendapat kualitas yang tinggi, pengiriman yang cepat, kemudahan untuk memeriksa produk serta reputasi perusahaan suppliernya,dan banyak kemudahan-kemudahan lainnya.

Namun saat kamu memilih bahan mentah internasional, kamu akan mengeluarkan biaya yang lebih kecil, produk yang lebih beragam, serta lebih banyak pilihan supplier namun dengan kualitas yang rendah serta pengiriman yang lama.

  1. Mencari

Setelah kamu menentukan kebutuhan dan asal bahan mentah atau baku, langkah selanjutnya adalah mulai mencari supplier yang kamu butuhkan.

Untuk menemukannya, kamu hanya perlu masuk ke salah satu marketplace yang cukup besar di Indonesia seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan masih banyak lagi berbagai supplier lainnya yang dapat dipilih.

Langkah Setelah Menemukan Supplier

supplier

  1. Hubungi

Setelah kamu menemukan supplier, langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak supplier baik itu melalui email maupun kontak lain yang tertera di marketplace atau pada website supplier sendiri.

Saat kamu menghubungi supplier, yang wajib kamu pertimbangkan untuk memilihnya adalah harga per sampel, waktu pengiriman, syarat pembayaran, jumlah pesanan minimum hingga harga produksi yang dikeluarkan oleh supplier.

  1. Negosiasi

Setelah kamu mengetahui harga yang dipatok oleh supplier, langkah selanjutnya adalah menegosiasikan harga jika kamu keberatan. Negosiasikan harga yang kamu inginkan dan tidak melangkahi modal pihak atau perusahaan supplier.

  1. Lakukan permitraan

Untuk mempertahankan produk kamu agar tetap eksis di pasaran, kamu perlu melakukan kemitraan dengan perusahaan supplier, apalagi jika bahan mentah atau produk yang disediakan oleh supplier merupakan kualitas yang bagus.

Kemitraan yang ingin kamu jalin dapat berbentuk perjanjian di atas kertas atau tanpa perjanjian tertentu, dan secara tidak langsung menjadi kamu pelanggan tetap pihak supplier.

Itulah langkah-langkah yang harus kamu pahami dan lakukan untuk mencari supplier. Jangan lupa dalam setiap langkahnya kamu harus tetap berhati-hati karena dewasa ini tidak sedikit pihak yang melakukan penipuan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Show More

Aminah

"Satu-satunya sumber kebahagiaan saya adalah kemerdekaan"

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close