Game

Mengenal Android Studio, Buat Game Sederhana Pertamamu!

Halo sobat gamers! Bosan bermain game yang udah terlalu mainstream dimainkan oleh teman-teman kamu? Atau sekedar ingin mencoba membuat game baru yang belum pernah ada dengan gameplay dan cara bermain yang kamu tentukan sendiri?

Maka, sudah saatnya kamu mencoba membuat game sederhana dengan Android Studio! Dengan software yang satu ini kamu dapat mewujudkan impian itu dengan memulai dari langkah yang kecil. Android Studio menawarkan fitur yang cukup lengkap bagi kamu yang ingin mencoba membuat aplikasi.

Mengenal Fitur-Fitur Menarik dari Android Studio

Fitur-Fitur Android Studio

  • Emulator Cerdas

Android Studio memiliki emulator cerdas, yaitu sebuah perangkat yang berfungsi agar suatu program yang dibuat dalam suatu sistem operasi dapat dijalankan pada sistem operasi yang lain.

Dengan emulator cerdas milik Android Studio tersebut, maka para developer tidak perlu khawatir game yang dibuatnya tidak berjalan dengan baik. Sebaliknya, game yang dibuat menggunakan Android Studio akan berjalan dengan lancar dan mulus,

  • Menggunakan Gradle, Toolkit Build yang Canggih

Fitur menarik dari Android Studio berikutnya adalah Gradle, yaitu sebuah toolkit build canggih yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan konfigurasi build dengan cepat dan mudah.

Fitur ini bisa dibilang menjadi salah satu yang paling krusial dari Android Studio, Setiap konfigurasi yang dibangun oleh pengguna akan diolah secara otomatis dan diuji ke dalam sistem Android

  • Sebuah Framework dengan Integritas yang Baik

Salah satu proses yang pasti ada dalam setiap pembuatan aplikasi adalah coding. Yang dalam dunia pemrograman memiliki andil utama dalam terciptanya suatu program. Bagi para programmer pasti sudah tidak asing lagi dengan tersebut.

Nah, jika kalian masih pemula dan belum terlalu pandai dalam menciptakan program, maka Android Studio memberikan kamu kemudahan dalam coding, yaitu dengan menghadirkan framework yang canggih.

Apa itu framework? Jadi, framework adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu para pembuat program menciptakan sebuah aplikasi; terdiri dari plugin serta konsep sistem yang tersusun dari A sampai Z dengan rapi.

  • Lint, Fitur Perekaman Termutakhir

Di dalam sebuah proses pengerjaan aplikasi biasanya terdapat kesalahan-kesalahan minor yang tidak disadari oleh para programmer. Oleh karenanya, perlu suatu alat yang dapat merekam semua kesalahan-kesalahan tersebut dan kemudian memberi notifikasi untuk segera dilakukan perbaikan.

Singkatnya, Lint akan memindai seluruh struktural kode dan bertujuan untuk meminimalisir terjadinya bug serta mengoptimalkan keamanan, performa, aksesibilitas, dan kegunaan.

  • Fitur Support Bawaan dari Google Cloud Platform

Aplikasi yang dibuat dalam Android Studio secara otomatis akan mendapat dukungan performa dari Google Cloud Platform.

Mengapa hal ini penting dalam sebuah aplikasi? Sebab dukungan dari platform ini akan memberikan layanan infrastriktur, serta lingkungan komputasi tanpa server yang tentunya menciptakan perbedaan yang besar dengan aplikasi yang dibangun tanpa dukungan dari Google Cloud Platform.

Langkah-Langkah Membuat Game Sederhana dengan Android Studio

membuat game sederhana dengan android studio

  • Instalasi

Pastikan kamu telah menginstall android studio terlebih dahulu di PC atau laptop kamu, sangat dianjurkan untuk menggunakan versi original dari perangkat lunak yang juga dikembangkan oleh google ini.

  • Membuat File Baru

Langkah pertama yang harus kamu lakukan setelah menginstall Android Studio adalah membuat file baru. Pilih file kemudian new project. Maka dengan itu kamu sudah melakukan langkah kecil untuk membuat game sederhana pertamamu!

  • Melakukan Konfigurasi

Selanjutnya adalah melakukan konfigurasi terhadap nama proyek beserta company domain yang nanti akan ditampilkan sebagai nama aplikasi atau game kamu. Jangan lupa untuk menentukan lokasi dimana proyekmu akan disimpan, yaitu pada project location

  • Menentukan Versi Android

Yang mana telah kita ketahui, android adalah sistem operasi yang khusus dirancang untuk perangkat smartphone (terkhusus HP Layar Sentuh) dan juga komputer tablet. Dan di dalam sistem operasi berbasis Linux ini terdapat berbagai versi yang dibedakan berdasarkan urutan pembaruannya.

Misalnya saja untuk android versi 1.5 dinamakan Cupcake, Donut untuk versi 1.6, Oreo untuk versi 8.0+, dan seterusnya. Nah, ketika hendak membuat sebuah game dengan Android Studio maka kamu harus menentukan terlebih dahulu versi android mana yang ingin kamu tujukan untuk menjadi target game yang kamu buat.

Baca juga: 4 Game Basket PC Terbaik Saat Ini

Misalnya ketika kamu memilih android Donut, maka secara otomatis proyek game kamu hanya bisa dimainkan oleh smartphone yang menggunakan sistem operasi android 1.6, dan tidak bisa dimainkan oleh versi android di bawahnya.

  • Mulai Melakukan Coding

Sebagaimana yang telah diulas sebelumnya, Android Studio memiliki framework dengan kinerja yang sangat baik. Bahkan untuk ukuran seorang pemula sekalipun dapat memahami dengan tuntas cara untuk membangun proyek game memanfaatkan sistem penyusunan coding dengan bantuan framework dari Android Studio.

Klik add activity to mobile dan selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih template untuk game, yang kemudian akan berlanjut ke salah satu proses inti yaitu coding. 

  • Menyimpan Proyek Game

Setelah semua proses coding telah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menyimpan proyek game kamu. Yaitu dengan cara mengklik Customize the Activity.

Jika ingin melihat preview dari proyek game klik edit configuration, opsi yang sama juga untuk melakukan editing. Jika telah selesai, klik OK.

Kelebihan Android Studio dalam Pembuatan Game

Kelebihan Android Studio

  • Mudah Dioperasikan

Andorid Studio sangat cocok digunakan oleh para pemula yang mungkin belum lama ini mempelajari programming. Walaupun instruksi atau penjelasan detail mengenai item-item di dalamnya terkadang kurang jelas, akan tetapi hal ini ditutupi oleh berbagai fitur menarik yang ada di dalamnya.

Contohnya framework dengan integritas yang baik. Adanya emulator yang cerdas serta fitur perekaman untuk mendeteksi kesalahan minor dalam coding.

  • Menciptakan Kreativitas Tanpa Batas

Semakin banyak pengalaman yang didapatkan dalam membuat game sederhana dengan Android Studio, dikarenakan adanya fitur dukungan dari Google Cloud Platform yang memungkinkan kamu untuk menciptakan game sebanyak-banyaknya, maka hal tersebut akan memperbanyak ide yang nantinya bisa kamu gunakan unuk menciptakan game berkualitas tinggi dengan dasar kreativitas tanpa batas.

  • Mengerjakan Proyek Game Bersama Tim

Ternyata bukan hanya produk game saja yang bisa dimainkan secara tim atau kelompok, melainkan proses developing-nya pun bisa dilakukan bersamaan dengan tim.

Salah satu kelebihan Android Studio adalah kamu bisa berkolaborasi dengan orang atau bahkan tim lain lain. Hal ini disebabkan karena adanya integrasi dengan beberapa versi kontrol populer seperti Subversion dan Git.

Baca juga: 5 Rekomendasi Laptop Untuk Game Berat Tahun 2020

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai membuat game sederhana dengan Android Studio. Dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan, maka kamu bisa menciptakan game impianmu dan membuatnya bisa dinikmati oleh banyak orang.

Dan satu hal lagi yang membuatmu semakin bersemangat untuk menciptakan game menggunakan Android Store adalah adanya fitur adsense yang bisa kamu tempatkan pada proyek game mu.

Sehingga bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dan kesempatan bekerja sama dengan developer game besar berdasarkan feedback yang kamu dapatkan dari netizen.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close