Tutorial

Awas Tertukar! Ini Perbedaan antara Software dan Hardware

Zaman sekarang ini ada banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari yang pengerjaannya memakai sistem komputer. Manfaat komputer memang sangat banyak, di antaranya yaitu seperti untuk membantu menyimpan data, sebagai media komunikasi, menemukan informasi, membuat desain grafis, dan lain sebagainya.

Nah anda juga sudah pasti tak ingin ketinggalan zaman dan ingin mahir dalam komputer bukan? Tak perlu risau! Sebab dalam artikel kali ini serbuinfo.com akan memberikan informasi dasar mengenai software dan hardware sebagai permulaan referensi anda.

Ingin tahu informasi selengkapnya? Yuk, mari langsung saja kita baca ulasan di bawah ini!

Perbedaan Software dan Hardware

Perbedaan Software dan Hardware

Komputer terdiri dari bagian-bagian yang berbeda, yakni ada yang disebut dengan hardware dan ada yang disebut dengan software. Keduanya perlu anda ketahui agar bisa menggunakan komputer dengan baik dan benar.

Hardware dan software merupakan istilah dalam komputer yang sama sekali berbeda. Hardware merupakan perangkat keras atau perangkat yang bisa dilihat dan disentuh secara fisik. Sedangkan yang dimaksud dengan software yaitu suatu program atau aplikasi yang berisi bahasa pemrograman yang diinstal ke bagian hard drive komputer.

Ditinjau dari pengertiannya, bisa dibilang perbedaan antara software dan hardware yaitu hardware memiliki bentuk dan wujud yang bisa dilihat juga disentuh. Sedangkan kebalikannya, software tidak berwujud secara fisik dan tidak bisa disentuh.

Baca juga: 5 Rekomendasi Laptop Untuk Game Berat Tahun 2020

Selain dilihat berdasarkan pengertian, software dan hardware juga memiliki perbedaan jika ditinjau berdasarkan fungsinya. Adapun hardware memiliki beberapa fungsi di antaranya yaitu sebagai media pemberi masukan data, pengolah data, dan sebagai penampil inputan dari sebuah proses tertentu.

Sedangkan fungsi software yaitu sebagai sistem yang mengoperasikan hardware, dan sebagai penerjemah instruksi yang selanjutnya instruksi tersebut akan ditampilkan pada hardware.

Berbagai Contoh dari Hardware dan Software

contoh hardware dan software

Agar anda lebih bisa membayangkan dengan jelas mengenai perbedaan software dan hardware, anda harus tahu contoh dari masing-masing perangkat tersebut. Nah adapun hardware bisa dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu hardware input, process device, dan hardware output.

Hardware input berfungsi untuk memasukan data ke computer, misalnya yaitu seperti keyboard, mouse, scanner, joystick, dan lain sebagainya. Process device merupakan hardware yang berguna untuk mengolah data. Contoh dari hardware tersebut yaitu seperti CPU (Central Processing Unit), RAM, (Random Access Memory), hardisk, motherboard, dan VGA (Video Graphics Adapter).

Terakhir, hardware output berguna untuk menampilkan instruksi yang telah dimasukan lewat hardware input dan diolah oleh hardware process. Yang termasuk ke dalam hardware output di antaranya yaitu seperti monitor, printer, dan speaker.

Berbeda dengan hardware, software dapat dibedakan menjadi software sistem operasi, aplikasi, dan software pemrograman. Adapun yang termasuk ke dalam software sistem operasi di antaranya yaitu seperti Windows, iOS, Linux, dan lain-lain. Selanjutnya untuk aplikasi contohnya yaitu Windows Office, anti-virus, dan masih banyak lagi. Sedangkan contoh software pemrograman, yakni Java, C++, dan Pascal.

Walaupun antara software dengan hardware memiliki perbedaan, namun keduanya tidak bisa dipisahkan dan saling membutuhkan satu sama lain. Karena untuk bisa membangun sebuah sistem komputer yang bisa berfungsi dengan baik dan benar maka dibutuhkan dua perangkat tersebut.

Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi atau Game di Laptop Dengan Mudah

Memang ada banyak perangkat hardware maupun software, walaupun begitu tak semuanya harus anda miliki. Cukup pasang yang menurut anda penting dan dibutuhkan saja.

Hal terpenting agar bisa menggunakan komputer dengan baik, ada beberapa perangkat yang wajib dimiliki. Perangkat tersebut yaitu seperti monitor, keyboard, memori, motherboard, prosesor, power supply, dan video card.

Bila anda menginginkan fungsi tambahan lain, anda bisa memasang hardware maupun software lain yang dibutuhkan. Nah itulah informasi seputar perbedaan hardware dan software yang dapat kami sampaikan pada anda. Semoga isi dari artikel ini dapat memberikan manfaat ya!

Show More

Rabila

"hidup tidak harus pergi mengikuti ke mana jalan akan berujung. Buat dan nikmatilah jalanmu sendiri lalu tinggalkanlah jejak"

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close