Perbedaan Arti A.M dan P.M yang Harus Anda Ketahui agar Tidak Salah Pakai

admin 0

Pernahkah Anda merasa bingung dengan perbedaan arti A.M dan P.M? Mengapa hal itu tidak dijumpai dalam istilah Bahasa Indonesia dengan format waktu mulai dari pukul 00.00 hingga 23.00? Mungkin Anda perlu mengetahui bahwa format jam dalam Bahasa Inggris hanya dibatasi 12 jam, contohnya saja ketika Anda ingin mengatakan pukul 13.00 maka mereka akan mengatakan 01.00  P.M, atau contoh lainnya pukul 17.00, mereka akan bilang 05.00 P.M.

Dari contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk membedakan waktu pagi, siang, sore, hingga malam, native speakers menggunakan konsep A.M dan P.M. Dalam Bahasa Indonesia, tanpa kita menggunakan istilah seperti itu, kita sudah bisa menebak maksud dari jam yang kita lihat. Namun, jika Anda melihat jam pada format waktu UK atau USA (hanya 12 jam), maka perlu untuk memahami konsep A.M dan P.M agar tidak salah paham. Lalu apa arti A.M dan P.M? Dan bagaimana contoh penggunaannya yang tepat? Simak sebagai berikut!

Arti A.M dan P.M yang Harus Anda Tahu

Waktu dalam Bahasa Inggris memang menggunakan format 12 jam, namun bukan berarti dalam satu harinya hanya ada 12 jam saja. Di sini ada konsep pembagian antara 12 jam di awal yang ditandai dengan A.M dan 12 jam di akhir yang ditandai dengan P.M.

A.M memiliki kepanjangan Ante Meridiem yang memiliki arti “sebelum tengah hari” atau “before noon”. Artinya, A.M ini hanya digunakan untuk waktu yang menunjukkan pukul 1 dini hari hingga pukul 11.59 (tengah hari/ siang). Ini menunjukkan waktu pagi dan siang hari. Sedangkan P.M memiliki kepanjangan “Post Meridiem” yang artinya adalah “setelah tengah hari” atau “after noon”. Artinya, Anda hanya bisa menggunakan istilah ini pada pukul 1 siang sampai dengan pukul 11.59 malam, sehingga istilah P.M ini hanya ditujukan untuk waktu sore hari dan malam hari.

Contoh Penggunaan A.M dan P.M dalam kalimat

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan A.M dan P.M, Anda bisa menyimak beberapa kalimat di bawah ini:

  • Saya akan pergi ke asrama pada pukul 5 sore. (I will go to the dorm at 5 P.M.)
  • Kamu harus membeli buku pada pukul 11 siang nanti. (You have to buy a book at 11 A.M later.)
  • Mereka sedang berbelanja denganku kemarin pukul 12.00 siang. (They were shopping with me at 12 P.M yesterday.)
  • Bisakah kita bertemu pada pukul 08.00 pagi? (Can we meet at 8 A.M?)
  • Dia akan tiba pada pukul 7 malam. (She will arrive at 7 P.M.)

Setelah mengetahui arti A.M dan P.M, serta penggunaannya dalam kalimat, kini Anda tentu sudah mendapatkan sedikit gambaran terkait hal tersebut. Nah, jika Anda ingin memperdalam pengetahuan berkaitan dengan Bahasa Inggris, Anda bisa mengambil kursus online yang disediakan oleh EF atau English First dengan paket belajar yang menarik serta biaya yang terjangkau. Anda juga akan memperoleh panduan belajar bahasa inggris untuk pemula Lho! Yuk daftar sekarang!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *