Tips Merawat Toyota Raize Mesin Turbo

admin 0

Tips Merawat Toyota Raize Mesin Turbo – Toyota Raize ditawarkan dalam dua pilihan mesin, bensin 1.0 turbo Mesin kecil dengan turbo kini sudah mulai banyak digunakan oleh pabrikan otomotif di sejumlah mobil baru saat ini. Contoh terbaru adalah Toyota Raize yang menawarkan mesin 1.0 liter 3 silinder turbo. Nah, mesin turbo untuk sebagian orang di Indonesia masih belum populer seperti mesin non-turbo.

Di beberapa negara lain seperti India, Jepang dan Thailand, mobil bermesin turbo 1000cc sudah ada sejak dari lama. Mesin 3 silinder 998cc di Raize mampu menghasilkan tenaga maksimal 98 PS pada 6000 rpm dan torsi puncak yang besar hingga 140 Nm pada 2400-4000 rpm. Itu cukup kuat untuk SUV sub-kompak kecil.

Kekurangan dari mesin ini adalah adanya turbolag yang merupakan ciri khas dari mesin turbo, dimana pada putaran awal tenaga tidak terasa langsung tersalurkan ke roda penggerak. Ada jeda beberapa detik saat pedal gas ditendang ke bawah hingga tenaga maksimal terasa di cengkeraman roda. Khusus pada varian matik, kedua mobil tersebut diberikan transmisi CVT yang fokus pada penghematan bahan bakar.

Keunggulan dari mesin ini tentunya adalah konsumsi bahan bakar yang sangat irit terutama pada mesin Turbo 998cc. Jadi Raize sangat cocok dijadikan mobil second, untuk transportasi harian di kota-kota yang sering macet atau untuk blusukan ke gang-gang sempit. Ground clearance Raize yang tinggi juga akan sangat berguna untuk bepergian di jalanan yang tidak menentu di Indonesia, baik di pedesaan maupun perkotaan.

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya bagaimana cara merawat mesin Toyota Raize turbo 1.0 liter, karena dengan kubikasi mesin yang begitu kecil pertanyaannya apakah interval penggantian oli mesin lebih cepat dari pada mobil bermesin besar. Namun, Toyota memastikan sama alias tidak ada perbedaan.

Perawatan yang direkomendasikan oleh pabrikan juga terbilang sangat mudah, yang penting disiplin sesuai anjuran. Mobil Raize 1.0:L turbo dilengkapi mesin turbo tiga silinder 1KR-VET yang menghasilkan tenaga 98 hp dan torsi 140 Nm. Hasil tes Toyota, konsumsi bahan bakar varian mesin 1.0 liter turbo mencapai 1 liter : 18 kilometer.

SUV yang memiliki dimensi 4.030 milimeter (mm), lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm, dan ground clearance 200 mm ini dibanderol – sebelum diskon 100% Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). ) atau tarif PPnBM 0% berlaku hingga akhir Mei – mulai Rp236,8 juta on the road. Namun, dengan PPnBM 0% (berlaku dari Maret hingga Mei), harganya mulai dari Rp. 219,9 juta dalam varian Toyota Raize 1.0T G M/T One Tone (varian terendah).

Bagi Anda yang tertarik tentunya perlu mengetahui cara merawat Mobil Raize bermesin turbo. Sehingga Anda tidak perlu ragu, atau bingung dalam perawatannya. Penasaran bagaimana cara merawat mesin turbo? Simak ulasan berikut ini:

Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Mesin turbo ini membutuhkan jenis bahan bakar dengan nilai oktan tinggi mengingat rasio kompresi pada saat pembakaran sangat tinggi. Konsumsi bahan bakar yang tidak tepat, seperti nilai oktan di bawah rekomendasi, akan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna yang menyebabkan hilangnya tenaga dan menyebabkan knocking atau gelitik. Dalam jangka panjang, jika diabaikan bisa merusak mesin. Kondisi ini juga akan menghasilkan residu pada gas buang yang akan menempel pada turbin jika dibiarkan akan merusak sebuah komponen turbo.

Ganti Filter Udara Secara Berkala Sesuai Manual Servis

Turbo menyedot udara dari luar untuk dikompresi ke ruang bakar mesin. Selalu perhatikan kondisi dari sebuah filter udara untuk memastikan berfungsi optimal menyaring seluruh kotoran agar tidak terbawa. Segera ganti jika filter udara terlalu kotor karena akan menyumbat aliran udara dan tidak membersihkannya. Karena akan merusak elemen yang diberikan daya dorong turbo yang kuat.

Pelajari Manual Kendaraan

Buku panduan kendaraan berisi tentang sebuah petunjuk tertulis dan gambar dalam bentuk ilustrasi yang sederhana dan mudah dipahami. Manual berisi informasi penting seperti garansi, keselamatan kendaraan, petunjuk pemasangan, identifikasi masalah, petunjuk pemasangan, spesifikasi produk serta petunjuk perawatan dan pemecahan masalah.

Perhatikan kondisi oli mesin

Komponen turbo mendapatkan sebuah pelumasan dari oli yang sama dengan oli yang digunakan untuk melumasi seluruh komponen mesin. Mengingat performa turbo yang cukup berat karena mampu berputar hingga 25.000 – 30.000 rpm, maka wajib menggunakan oli yang sesuai kebutuhan agar tetap bekerja dengan baik dan menjaga durabilitas turbo. Gunakan oli TMO sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan ganti secara teratur pada waktu servis yang teratur.

Demikian ulasan tentang Tips Merawat Toyota Raize Mesin Turbo semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *