Zenwel Hadirkan Solusi Point of Sale Mudahkan UKM untuk Bisnis Layanan Jasa

admin 0

Sebagai salah satu aplikasi pertama di Indonesia yang menyediakan solusi Point of Sale, yakni sebuah aplikasi berkonsep O2O/online to offline, kini Zewel menghadirkan lini produk terbaru. Produk ini hanya akan dikhususkan bagi bidang usaha jasa atau manajemen reservasi layanan, sebut saja seperti aplikasi barbershop.

Kemajuan teknologi ini tidak lain dan tidak bukan dikarenakan perubahan gaya hidup yang dipengaruhi oleh kehadiran pandemi Covid19. Yang kemudian mengharuskan para pelaku usaha untuk mengubah cara menjalankan bisnis. Ada banyak bidang pelayanan jasa yang bisa menggunakan aplikasi satu ini. Di antaranya adalah massage, spa, barbershop, yoga, aplikasi salon online, bahkan hingga janji temu di klinik kecantikan.

Kemudahan proses dan manajemen pembayaran bagi penyedia layanan dan jasa memang menjadi tujuan diciptakannya aplikasi tersebut. Menurut Founder Zenwel, Ali, Zenwel dihadirkan untuk memenuhi permintaan dari para merchant yang menginginkan adanya sebuah platform. Platform ini kemudian diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal demi pertumbuhan bisnis yang lebih sehat dan sustainable yang menyesuaikan dengan kemajuan teknologi.

Ada beberapa pilihan paket bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis di bidang pelayanan dan jasa. Mulai dari pilihan paket gratis, tap, hingga paket Enterprise dengan penawaran harga terjangkau di setiap bulannya. Kelebihan dari paket Enterprise adalah jumlah staff yang tidak terbatas, dibandingkan dengan paket gratis yang memiliki keterbatasan jumlah staf.

Pada tahap awal untuk strategi monetisasi, Zenwel menerapkan sistem subscription dan MDP fee sharing pada transaksi online dan offline. Sistem MDP berfungsi saat pengguna melakukan pesan online pada merchant pilihan yang kemudian pembayaran tersebut dikenakan MDR fee. Para staf yang menangani pemesanan tamu tersebut juga akan langsung mengetahuinya saat layanan telah dikonfirmasi di aplikasi mobile Zenwel yang dipergunakan oleh staf bersangkutan.

Lebih lanjut, masih menurut Ali, para pengguna Zenwel dapat melakukan reservasi online pada situs maupun media sosial pribadi selama 24 jam. Setiap reservasi kemudian akan terhubung pada POS.

Aplikasi Zenwel yang diluncurkan Olsera pada 2019 ini diklaim telah memiliki lebih dari 10 ribu merchant aktif dan tergabung dalam platform. Demi menyesuaikan dengan tuntutan gaya hidup yang terimbas oleh pandemi, Olsera melakukan kerjasama dengan aplikasi online lainnya. Grab, Xendit, Midtrans, OVO, GoPay, ShopeePay, Dana, BFI Finance, Alumak, LinkAja, Surge, KoinWorks, dan Gandeng Tangan adalah beberapa aplikasi yang berhasil “digandeng” Olsera.

Meskipun kehadiran pandemi sempat menghambat bagi pertubuhan bisnis Olsers, terutama bagi para merchant yang bernaung di bawahnya. Namun, jika dilihat dari sisi pemesanan online—termasuk delivery dan take away—bisa dikatakan secara perlahan mulai pulih kembali.

Menurut Novendy, staf Olsera, meski tahun 2020 cukup lumayan terjal, setidaknya telah menjadi tahun spesial dan produktif bagi tim Olsera. Jika sebelumnya Olsera telah menghadirkan sebuah inovasi online yang dapat terhubung langsung dengan Olsera POS. Kini di usianya yang genap, bagi Novendy, Zenwel merupakan kado terbaik yang bisa diberikan kepada para merchant, terutama bagi mereka yang bergerak di bidang industri jasa.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Zenwel atau hendak menjadi merchant yang bernaung di bawah Olsera, kini aplikasi tersebut telah tersedia di PlayStore. Tentu saja bagi Anda yang ingin mencoba platform ini, dapat mengunduhnya secara gratis. Bagi para merchant yang baru saja memulai atau merintis usaha, Olsera juga menyediakan paket gratis tanpa memberlakukan pembatasan fitur.

 

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *