Anda tentu sering menemukan istilah kalori saat membicarakan masalah makanan. Sebenarnya apa makna kata yang sering dijumpai pada kemasan makanan itu? Kalori didefinisikan sebagai satuan ukur untuk energi. Satu kalori adalah jumlah energi panas yang diperlukan untuk menaikan suhu 1 gram air sebesar 1 derajat Celsius. Untuk mengukur jumlah energi para ahli gizi umumnya menggunakan satuan kilokalori yang disimbolkan dengan kkal, kalori, atau K.

Kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda-beda. Tabel yang dikutip dari  Institute of Medicine Dietary Reference Intakes berikut menunjukkan kebutuhan kalori harian yang diperlukan wanita berdasarkan usia, berat badan, serta aktivitas yang dilakukan.

Aktivitas fisik sedentary atau sangat ringan adalah aktivitas harian sehari-hari yang normal dilakukan dan cenderung menetap. Kategori moderately active adalah aktivitas normal sehari-hari ditambah latihan fisik yang setara dengan berjalan 1,5 mil – 3 mil per hari. Sedangkan kegiatan yang tergolong aktif adalah aktivitas harian ditambah aktivitas fisik yang setara dengan berjalan 3-4 mil.

Untuk mengetahui jumlah kalori harian, Anda dapat menghitung dengan Harris-Benedict Formula seperti di bawah ini.

 

Setelah mendapatkan hasil dari penjumlahan di atas, kalikan jumlah yang Anda miliki dengan tingkat aktivitas sesuai tabel berikut.

Hasil akhir dari perkalian tersebut menunjukkan kebutuhan kalori harian Anda.

Misalnya Anda adalah wanita dengan berat badan 49 kilogram, tinggi 155 sentimeter (61,02 inchi), usia 23 tahun, serta bekerja sebagai pegawai kantoran. Maka kebutuhan kalori harian dapat dihitung seperti berikut.

[655 + (4,35×24,5) + (4,7×61,02) + (4,7×23)] x 1,375 = 1590, 144875

Jadi dalam sehari Anda memerlukan kalori sebesar 1590 kal.

Jumlah kalori juga dapat dijadikan patokan dalam usaha menurunkan berat badan. Jika ingin menurunkan 1 pon (½ kilogram) Anda cukup memotong 500 kalori per hari. Jadi, dengan mengurangi 1000 kalori per hari, Anda dapat menurunkan 1 kilogram berat badan dalam sepekan.

Dalam menentukan jumlah kalori yang tepat Anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti jenis latihan fisik, jenis diet, serta jumlah berat badan yang ingin diturunkan. Faktor metabolisme tubuh juga memperngaruhi jumlah kalori yang diperlukan karena metabolisme yang lebih tinggi memerlukan lebih banyak kalori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *