WhatsApp akan meluncurkan fitur baru yang berfungsi untuk menghilangkan pesan. Fitur baru Whatsapp tersebut dibuat dalam upaya untuk membantu pengguna mengurangi jejak digital mereka. Fitur terbaru memberi opsi pada pengguna untuk menghapus pesan secara otomatis tujuh hari setelah pesan terkirim.

Ini akan berfungsi untuk pesan grup dan percakapan pribadi yang secara otomatis akan menghapus file gambar atau video yang dibagikan. “Kami memulai dengan tujuh hari karena menurut kami ini menawarkan ketenangan pikiran bahwa percakapan tidak permanen, namun tetap praktis sehingga pengguna tidak lupa tentang apa yang sedang dibicarakan,” kata perusahaan itu saat mengumumkan fitur terbarunya dalam blog. “Daftar belanja atau alamat toko yang diterima beberapa hari yang lalu akan ada di sana saat kamu membutuhkannya, dan kemudian menghilang setelah kamu tidak membutuhkannya," jelasnya.

Perusahaan juga menambahkan bahwa tujuannya adalah membuat percakapan di WhatsApp terasa sedekat mungkin dan tak harus bertahan selamanya. “Meskipun senang menyimpan kenangan dari teman dan keluarga, kebanyakan dari apa yang kita kirim tidak perlu kekal. Tujuan kami adalah membuat percakapan di WhatsApp terasa sedekat mungkin secara langsung, yang berarti percakapan tidak harus bertahan selamanya," ungkap perusahaan itu. Fungsi ini dapat diaktifkan dengan mengetuk nama obrolan di bagian atas layar.

Kemudian, gulir ke bawah untuk menemukan opsi baru bertuliskan " disappearing messages" atau "pesan menghilang" jika menggunakan bahasa Indonesia. Mengaktifkan fitur ini tidak akan menghapus pesan lama, dan dalam obrolan grup, ini hanya dapat dilakukan oleh admin. Sementara untuk percakapan empat mata atau pribadi, kedua pengguna dapat memilih fitur tersebut.

"Kami berharap orang orang menikmati fitur pesan menghilang, yang akan diluncurkan ke pengguna WhatsApp di mana pun pada bulan ini," tambah keterangan blog itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *