Cara Mengatasi Batu Ginjal, Konsumsi Obat Alami Berikut

Jika Anda memiliki riwayat penyakit dalam seperti batu ginjal, tak perlu khawatir mencari obat. Sebab, ada banyak tersedia baik yang alami maupun medis. 

Untuk pengobatan penyakit batu ginjal secara alami, Anda dapat memanfaatkan bahan alam yang mudah dicari. Sebagai contoh; air putih, jus seledri atau yang lainnya.

Batu Ginjal Dapat Disembuhkan Dengan Bahan Alami

Batu ginjal sendiri merupakan endapan keras berupa garam dan mineral-yang  terbentuk di dalam ginjal. Keberadaannya ini membuat si penderita sangat tidak nyaman.

Sebelum menghubungi pihak medis, ada baiknya manfaatkan bahan alami dibawah ini, ya.

Air lemon

Penggunaan air lemon untuk mengobati penyakit batu ginjal bisa Anda coba. Air lemon konon mengandung senyawa kimia berupa sitrat. Kandungannya mampu mencegah pembentukan batu kalsium.

Sitrat dalam air lemon mampu memecah batu-batu ginjal yang berukuran kecil. Kemudian lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh Anda.

Cuka apel

Memiliki rasa yang segar, cuka apel juga masuk ke dalam bahan alami yang mampu mengobati batu ginjal. Cuka apel mengandung asam asetat yang ampuh melarutkan batu ginjal.

Cuka apel juga dapat meringankan rasa nyeri akibat batu ginjal tersebut. Bahkan, menurut studi pada laboratorium dari International Journal of Pharmacy and Biological Sciences juga mengakuinya

Disebutkan jika cuka apel efektif untuk mengurangi pembentukan batu ginjal. Kendati demikian, tetap masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

Apabila Anda ingin mengonsumsi cuka apel sebagai pengobatan alternatif, begini takaran yang bisa Anda coba.

  • Siapkan dua sendok makan cuka apel
  • Segelas air matang sekitar 236ml
  • Campurkan kedua bahan tersebut, aduk hingga merata dan siap untuk dikonsumsi

Hindari Cuka Apel Jika Anda Memiliki Riwayat Diabetes

Meski pemberian bahan ini telah teruji klinis mampu membantu mengobati penyakit dalam seperti batu ginjal. Ada baiknya jangan mengonsumsi cuka apel lebih dari 236ml perhari.

Hal ini dilakukan demi menghindari efek samping. Terlebih bagi penderita diabetes, harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis. 

Biasanya, Anda akan disarankan untuk selalu mengecek kadar gula darah dengan rutin. Hindari cuka apel jika Anda sedang mengonsumsi obat seperti diuretik dan insulin.

Jus seledri

Dalam sebuah penelitian jurnal Scielo menemukan jika rata-rata penderita batu ginjal adalah orang yang jarang mengonsumsi seledri.

Pada riset lain dengan hewan sebagai bahan uji cobanya juga disebutkan, jika ekstrak seledri mampu membantu memecah batu ginjal

Namun, Anda tetap harus berhati-hati sebab seledri berpotensi mengacau kinerja obat tertentu-termasuk menimbulkan efek samping.

Sehingga, apabila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan jangan dulu meminum jus seledri tersebut. Supaya lebih aman, bisa konsultasi ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu.

Air putih

Obat alami berikutnya ini adalah air putih. menurut SehatQ, air putih secara efektif tak hanya menghidrasi tubuh. Namun juga dapat mengurangi potensi terjadinya batu ginjal.

Jika aturan biasanya ialah 8 gelas air putih perhari. Anda dapat meningkatkan asupannya hingga 12 gelas per harinya.

Hal ini ditujukan untuk mempercepat proses pengeluaran batu ginjal lewat urine. 

Jus Rumput Gandum

Wheatgrass atau rumput gandum kerap dianggap sebagai obat herbal alami penyakit batu ginjal.

Wheatgrass diyakini ampuh meningkatkan aliran urine dan mengeluarkan batu ginjal. Rumput gandum juga memiliki kandungan nutrisi lengkap dan membantu membersihkan batu ginjal.

Untuk takaran konsumsinya ialah 236 ml per hari. Mulailah dengan porsi kecil terlebih dulu dan tingkatkan secara bertahap hingga 236 ml. 

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya efek samping yang mungkin saja terjadi.

Demikian bahan alami sebagai alternatif obat penyakit dalam seperti batu ginjal yang bisa Anda coba. Namun, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter agar lebih aman dan nyaman, ya.

Related Posts

Ragam Manfaat Vegeta Herbal yang Ampuh Atasi Sembelit

Ketika tubuh mengalami masalah kesehatan seperti sembelit akan menjadikan penderitanya tidak nyaman, pasalnya akan banyak keluhan yang dirasakan oleh penderitanya. Sembelit sendiri merupakan kondisi dimana tubuh mengalami…

6 Faedah Kelapa Muda Untuk Badan, Hindari Dehidrasi Sampai Sehatkan Kulit

Badan manusia terdiri 60 persen cairan. Karenanya, memenuhi keperluan cairan badan tiap hari sebagai kunci penting untuk memperoleh kesehatan badan yang Fit.  Selain konsumsi air putih atau…

6 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Tanaman pepaya, tanaman dengan banyak manfaat. Anda mungkin menyukai buah pepaya masak yang rasanya manis, atau menyukai sayuran bunga pepaya yang ditumis. Biasanya kita memang hanya mengkonsumsi…

Waspada Penyebab Diare Pada Bayi dan Ketahui Langkah Pertolongan Pertamanya Berikut Ini!

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang seorang bayi. Meskipun sudah biasa sebagai orang tua yang melihat anaknya mengalami masalah tersebut pasti akan merasa khawatir…

Ketahui Penyebab Maag yang Sering Tidak Disadari Ini!

Sebelum itu selamat datang di artikel saya, kamu sehat – sehat saja kan? Semoga iya kali ini saya ingin sedikit memberikan suatu info yang cukup penting untuk…

Dextromethorphan, Indikasi, Dosis dan Efek Samping – SehatQ

Dextromethorphan dipakai untuk menyembuhkan batuk tetapi tidak bisa dipakai untuk menyembuhkan batuk yang disebabkan karena rokok, asma, atau emfisema (kantung udara dalam paru-paru hancur dengan cara bertahap)….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *