Peneliti Sarankan Suntikan Ketiga Vaksin Sinovac, Ini Alasannya…

Pengguna vaksin Sinovac yang banyak digunakan di Indonesia disarankan menjalani suntikan ketiga. Pelaksana uji klinis vaksin Sinovac di Chile merekomendasikan dosis ketiga itu sebagai upaya pencegahan terpapar virus corona varian delta yang lebih menular.

Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) yang mengutip Devdiscourse.com, Jumat (16/7/2021), memublikasikan hasil sebuah uji coba laboratorium untuk menentukan efektivitas vaksin terhadap jenis virus corona varian delta. Ditemukan bahwa antibodi penetral berkurang empat kali lipat jika dibandingkan dengan yang diproduksi terhadap jenis virus corona dari Wuhan.

Dengan demikian efektivitas vaksin jauh kurang manjur mencegah Covid-19.

Direktur Institut Milenium untuk Imunologi dan Imunoterapi Chile Alexis Kalergis menyampaikan, bahwa hasil uji klinis Sinovac terhadap 2.000 orang menunjukkan, kurang dari 3% yang tertular Covid-19 dalam enam bulan setelah menerima suntikan vaksin kedua.

Namun, terjadi penurunan tingkat antibodi pelindung setelah enam bulan. Karena itulah Kalergis merekomendasikan dosis ketiga untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap mutasi virus corona.

“Penurunan alami antibodi setelah vaksinasi membutuhkan penguatan kekebalan dengan dosis booster untuk mengkompensasi dan meningkatkan netralisasi virus,” katanya.

Keandalan Dipertanyakan

Diketahui, vaksin Sinovac menjadi andalan di beberapa negara seperti Indonesia dan Brasil. Namun, kemunculan virus corona varian delta yang sangat menular membuat penerima vaksin Sinovac mempertanyakan kembali keandalan vaksin yang diproduksi di China itu.

Juru Bicara Sinovac Liu Peicheng pernah mengatakan bahwa suntikan booster dapat dengan cepat menimbulkan reaksi antibodi yang lebih kuat dan lebih tahan terhadap virus corona varian delta.

Di Indonesia sendiri, program pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19 segera dilakukan, tetapi terbatas kepada tenaga kesehatan. Garda terdepan dalam penanganan pandemi ini rencananya akan mendapatkan vaksin Moderna sebagai suntikan ketiga atau booster. Bukam vaksin Sinovac lagi.

The post Peneliti Sarankan Suntikan Ketiga Vaksin Sinovac, Ini Alasannya… appeared first on Solopos.com.

Related Posts

6 Faedah Kelapa Muda Untuk Badan, Hindari Dehidrasi Sampai Sehatkan Kulit

Badan manusia terdiri 60 persen cairan. Karenanya, memenuhi keperluan cairan badan tiap hari sebagai kunci penting untuk memperoleh kesehatan badan yang Fit.  Selain konsumsi air putih atau…

6 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Tanaman pepaya, tanaman dengan banyak manfaat. Anda mungkin menyukai buah pepaya masak yang rasanya manis, atau menyukai sayuran bunga pepaya yang ditumis. Biasanya kita memang hanya mengkonsumsi…

Waspada Penyebab Diare Pada Bayi dan Ketahui Langkah Pertolongan Pertamanya Berikut Ini!

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang seorang bayi. Meskipun sudah biasa sebagai orang tua yang melihat anaknya mengalami masalah tersebut pasti akan merasa khawatir…

Ketahui Penyebab Maag yang Sering Tidak Disadari Ini!

Sebelum itu selamat datang di artikel saya, kamu sehat – sehat saja kan? Semoga iya kali ini saya ingin sedikit memberikan suatu info yang cukup penting untuk…

Dextromethorphan, Indikasi, Dosis dan Efek Samping – SehatQ

Dextromethorphan dipakai untuk menyembuhkan batuk tetapi tidak bisa dipakai untuk menyembuhkan batuk yang disebabkan karena rokok, asma, atau emfisema (kantung udara dalam paru-paru hancur dengan cara bertahap)….

Cara Membuat Oralit untuk Diare Pada Bayi

Meskipun pada dasarnya diare merupakan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan yang rentan dialami oleh siapa saja. Namun penyakit yang satu ini juga tak boleh disepelekan, karena…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.