Apa Itu Manajemen Bisnis Syariah dan Bagaimana Prospek Kerjanya

Saat ini, bisnis syariah mempunyai perkembangan yang sangat baik di Indonesia. Sebagian orang Muslim mulai meninggalkan bisnis konvensional menuju bisnis berbasis syariah.

Selain itu, saat ini pemerintah juga sedang menggalakan hal-hal berbau halal, seperti misalnya pariwisata halal, makanan-minuman halal, kosmetik dan fashion halal dan sebagainya.

Berdasarkan hal tersebut, jurusan bisnis syariah pun mulai banyak muncul di universitas-universitas untuk mendukung terciptanya sumber daya manusia yang mampu mengelola dan menjalankan manajemen berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi para lulusan SMA sederajat. Jurusan Manajemen bisnis Syariah bisa menjadi alternatif pilihan yang cukup menjanjikan di masa depan.

Apa Itu Manajemen Bisnis Syariah?

Manajemen diartikan sebagai seni dalam mengatur. Bisnis adalah usaha dalam bentuk komersil dalam bidang produk atau jasa. Sedangkan Syariah dalam arti yang sederhana adalah hukum-hukum dalam agama Islam.

Jadi, dalam kesimpulannya. Manajemen Bisnis Syariah dapat diartikan sebagai ilmu atau seni yang mempelajari bagaimana anda mengatur, mengelola dan juga melakukan aktivitas bisnis berdasarkan prinsip, hukum dan nilai nilai yang ada dalam agama Islam.

Dalam jurusan ini anda akan mendapat beberapa manfaat atau keuntungan. Diantaranya adalah anda akan belajar tentang ilmu manajemen secara umum dan juga belajar ilmu manajemen syariah secara khusus.

Itu artinya, ketika anda lulus dari jurusan ini, anda akan mempunyai keahlian dalam 2 bidang, yakni manajemen dan juga manajemen syariah. Hal ini tentu saja menguntungkan untuk anda dalam dunia kerja nantinya.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Syariah

1. Konsultan Perbankan

Lulusan manajemen bisnis syariah bisa menjadi konsultan untuk perbankan, utamanya pada perbankan berbasis syariah yang sekarang ini menjamur di Indonesia. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini tentu saja besar dan menggiurkan.

2. Manajer Pemasaran

Di perkuliahan anda juga akan belajar skill bagaimana melakukan pemasaran yang baik, berkomunikasi dan cara mempengaruhi publik.  Ketika lulus nanti anda berpeluang untuk bekerja sebagai manajer sebuah perusahaan.

3. Akademisi

Selain di perusahaan, lulusan manajemen bisnis juga berpeluang untuk menjadi akademisi dalam bidang tenaga pendidik, guru ataupun dosen. Hal ini cukup menguntungkan untuk anda yang pandai dan memiliki sifat keguruaan.

4. Pengusaha

Masuk ke dalam jurusan manajemen diharapkan ketika sudah lulus anda bisa melakukan manajemen pada orang dan juga produk. Ini adalah salah satu pondasi terbaik jika anda ingin memulai sebuah bisnis.

5. Profesi Lain

Selain profesi yang telah ditulis diatas, tentu saja banyak posisi lain yang bisa ditempati oleh lulusan manajemen bisnis syariah seperti misalnya menjadi konsultan bisnis syariah, akuntan dan lain sebagainya.

Yang jelas, di dunia kerja anda memiliki potensi lebih besar untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang mengedepankan sisi syariah.

Rekomendasi Kampus Jurusan Manajemen Syariah

Jika anda ingin kuliah di jurusan manajemen bisnis syariah. Salah satu universitas yang bisa anda pilih adalah Ma’soem University. Di kampus ini anda akan dididik agar menjadi ahli dalam bidang manajemen secara umum dan juga manajemen syariah secara khusus.

Selain itu, ketika anda lulus nanti anda bisa ditempatkan pada beberapa perusahaan yang telah melakukan kerjasama dengan pihak kampus. Diharapkan setelah lulus anda bisa langsung bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut.

Adapun, kampus Ma’soem university terletak di Jatinangor, Sumedang. Jawa Barat. Anda bisa mengunjungi kampus secara langsung atau bertanya pada costumer service pihak kampus. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa mengakses halaman website resmi kampus di alamat masoemuniversity.ac.id

Related Posts

Perbedaan Arti A.M dan P.M yang Harus Anda Ketahui agar Tidak Salah Pakai

Pernahkah Anda merasa bingung dengan perbedaan arti A.M dan P.M? Mengapa hal itu tidak dijumpai dalam istilah Bahasa Indonesia dengan format waktu mulai dari pukul 00.00 hingga…

Perbedaan Kuliah Online dan Offline bagi Mahasiswa

Kuliah online sekarang jadi kegiatan baru di tengah-tengah wabah COVID-19. Dulu, mahasiswa harus tiba dan bertemu muka dengan dosen, tetapi sekarang perkuliahan dilaksanakan jarak jauh. Dengan manfaatkan…

Tips Lolos Seleksi CPNS, Ini yang Perlu Kamu Persiapkan!

Pendaftaran CPNS adalah salah satu momen yang paling ditunggu masyarakat Indonesia. Karena memang menjadi pegawai negeri jaminan ke depannya dinilai masih menguntungkan. Nah, salah satu tips agar…

Menikahi Sepupu Dibolehkan, Tapi Bagaimana Bila Dilihat Dari Segi Kesehatan?

Siapa sih yang tidak ingin menikah? Tentu semua orang ingin menikah. Meskipun tidak semua manusia di bumi ini ingin terikat dalam satu hubungan yang serius, namun keinginan…

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 6 SD Halaman 125 126 127 Buku Tematik Pembelajaran 6: Hak dan Kewajiban

Berikut ini kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD halaman 125 126 127 Buku Tematik. Dalam Buku Tematik Tema 8 Kelas 6 SD terdapat 3 Subtema. Subtema…

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 164 165 166 168 172 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 2

Simak inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 5 SD halaman 164, 165, 166, 168, dan 172. Buku Tematik Tema 7 untuk SD kelas 5 edisi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.